nhk

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul; Indonesia Menunggang Angin Underbone

 

 

ManiakMotor –  Pasukan Indonesia sudah hapal luar dalam Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jawa Barat untuk bermain underbone. Di sirkut tempat berlomba Yamaha Asean Cup Race 2013 ke-10 itu, katanya mereka menunggang angin saat QTT MT (Moped/Underbone) memakai Yamaha Jupiter Z1 pada Sabtu 30 November 2013. 

Ada empat rider Indonesia berada di empat besar dari hasil gabungan dua sesi kualifikasi. “Taktiknya kami saling curi angin selama kualifikasi, bisa dibilang bagi-bagi tumpangan angin di straight,” ujar Richard Taroreh yang aslinya main MotoPrix region Jawa yang membela Yamaha Yamalube Indonesia Motor Manufacturing. 

Taktik cantik itu sama dengan menunggang angin kan. Aslinya teknik itu disebut slipstreaming. Kalau bergantian disebut lagi saling curi angin. Sebab, kalau yang di depan terus dicuri anginnya, ia akan kehabisan ‘angin’. Makanya, yang dari belakang harus segera mengganti posisinya untuk memberi angin segar lagi atau kecepatan baru sehingga bisa tercepat. 

Teknik bermain di sirkuit besar seperti SIC sudah dikuasai oleh pelumba dari Malaysia, “Sirkuit seperti ini memanfaatkan slipstream dari lawan atau kawan di depan kita. Saya sudah paham teknik itu. Tapi kami kurang kerja sama,” kata Abdul Muhaimin Roslan yang sudah 9 tahun menunggang Yamaha di negaranya. 

Hasil ini tentu bukan patokan mutlak di raceday pada Minggu 1 Desember besok, tapi taktik tumpangan angin akan tetap berlanjut tapi sudah dengan musuh.  “Karena curi angin ini, satu-satunya jalan dengan tetap menjaga posisi di rombongan depan dan persiapkan untuk berebut posisi di satu putaran terakhir, terutama di R terakhir Sentul,” tutup Richard. AN 

BACA JUGA

Hasil Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul, 30 November-1Desember 2013

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul; YZF-R15 Pakai ECU Daytona Racing

Honda CB150R StreetFire Vs Yamaha YZF-R15 Di Sentul; Top Speed? Catatan Waktu? Beda Korekan..!

Test Ride ‘Racing’; Yamaha YZF R15 Speed Rata-Rata 118 Km/Jam, Rpm Dibuka Sampai 12.000 Di Sentul

 

 

 

 

 

BAGIKAN