nhk

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul (Jelang); R15 Sedang Disiapkan

 

ManiakMotor – Ada empat kelas yang akan dimainkan di Yamaha Asean Cup Race (YACR) di Sentul Kecil, minggu ini atau 30 November dan 1 Desember 2013. Tapi hanya menggunakan dua tipe Yamaha dengan spesifikasi yang sama, walau kategori pembalapnya seeded dan novice. Yakni Yamaha Jupiter Z1 dan Yamaha R15. Kolo Z1 sampeyan sudah tahu jagoan IndoPrix 2013. Ia dikenal dengan Yamaha Z1 Racing.

Yamaha R15 pasti sampeyan masih menduga-duga. Ini motor yang baru ribut-ribut akan dijual Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) 2014. Di dunia maya sih sudah ngetop, lantaran telah dijual di India dan beberapa negara. Ergonomiknya, memang setengah racing dengan full fairing dan setang clip-on. Soal mesin sih, masih sama dengan New Vixion yang 150 cc.

Motor ini dibikin lebih racing lagi di pedepokan Yamaha Yonk Jaya di Bandung, Jabar. “Soal mesin terutama throttle body dan kenalpot dikerjakan Tomy Huang. Dia yang punya alat-alat untuk urusan ECU dan injeksi. Yonk Jaya hanya memasang fairing dengan cat seragam, pijakan kaki dan yang berhubungan dengan ergonomik,” kata Koh Yonk, bos Yonk Jaya dari markasnya semberi mengirim foto yang burem karena pakai hp, hehe. 

YARC adalah event tahunan dari one make race (OMR) Yamaha yang digilir oleh setiap negara di Asean. Tahun lalu adanya di Filipina. Kendaraan yang digunakan adalah motor yang sendang ngetop tipenya di Asean. Bila tak salah ingat, baru tahun ini menggunakan tipe sport sebagai alat pacunya. “Sport memang sudah mulai diproyeksikan untuk ke depan,” jelas Supriyanto dari divisi motor sport YIMM.  

YACR selama ini hanya dikuasai tiga negara seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand. Ketiga negara ini biang balap bebek sejak awa 90-an. Tapi kalau OMR Yamaha untuk trek dadakan sudah ada sejak 1989, bro. Dulu dikenal dengan Sunday Race. Nah, sekarang jadi berubah Asean Race alias sudah antarnegara. Canggih ya. Ito

BACA JUGA

Yamaha Asean Race 2013; Nama-Nama Wakil Indonesia, Lorenzo Hadir

 

BAGIKAN