nhk

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul: Jupiter Z1 Dan YZF-R15 Racikan Lokal

 

ManiakMotor – Jadi diluruskan dulu tempat sebenarnya Yamaha Asean Cup Race (YACR) 2013. Kabar sebelumnya di Sentul Kecil yang dua minggu lalu digunakan untuk final Yamaha Cup Race. Tapi ternyata yang tepatnya di Sentul Besar atau Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jawa Barat pada akhir pekan ini, 30 November – 1 Desember 2013.

Di sana atau di Sentul Besar akan diadu keterampilan pembalap-pembalap Asean. Supaya adil dan merata, semua pakai motor yang sama speknya, ada Yamaha Jupiter Z1 dan Yamaha YZF R15. Motor merupakan buah karya pabrikan Jepang dengan berkolaborasi tangan-tangan terampil lokal,” buka M. Abidin selaku GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 Ada 30 unit Z1 dan 25 unit R15. Motor-motor tempur ini sudah nongkrong di paddock Sentul Besar mulai hari ini (Jumat), “Nih foto-fotonya, semua sama secara rupa dan rasa, jadi tidak ada yang lebih kencang atau lebih lambat. Tergantung skill pembalap,” ungkap Abidin yang mengirimi foto deretan Z1 dan R15.

Lebih jauh Abidin enggan membeberkan siapa-siapa saja tangan-tangan lokal yang meracik kuda besi balap tersebut.  Tuh motor menggunakan sokbreker gabungan Ohlins dan YSS. Untuk Z1 sudah tidak aneh tampangnya, mirip piston dibelah banyak dengan tunggangan Sigit PD yang juara IndoPrix 2013. Pasti juga dengan yang dijual umum di pasar bebek Indonesia.  

Karena untuk balap Asean speknya berbeda sedikit dengan Z1 Racing. “Kami sudah bisa mengkloning beberapa part dengan karya lokal, hasilnya tidak berbeda jauh,” ujar Abidin. Atau jangan-jangan ini proyek YIMM untuk tahun 2014 nanti yang akan mengganti semua Jupiter Z karbu dengan Z1? “Nanti saja jawabnya, yang jelas kami terus berusaha membuat Z1 Racing menjadi lebih familiar dengan semua tim Yamaha,” tukasnya.

Mengenai YZF R15, Abidin berharap bisa membawa balapan Indonesia ke jenjang yang lebih tinggi lagi. “Jangankan R15, kakak-kakaknya yaitu R25 dan R6 akan kami siapkan untuk memajukan balapan tanah air. Nah, momentum YACR ini sebagai pengenalan lineup motor balap dengan basis full frame yang dimiliki Yamaha, tutup Abidin. 

Wah, berarti sudah siap juga dengan IndoPrix 150 cc, nih. AN

BACA JUGA

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul (Jelang); R15 Sedang Disiapkan

Yamaha Asean Race 2013; Nama-Nama Wakil Indonesia, Lorenzo Hadir

MotoGP; Jorge Lorenzo Geber Supersport Yamaha YZF R6 Di Sentul

Final YCR 2013; Ban FDR Pemecah Rekor Sentul Kecil, Sebentar Lagi MP96

 

 

 

BAGIKAN