nhk

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul; Race 1 Underbone Indonesia Juara

 

ManiakMotor – Sesaat sebelum race 1 MT (Moped/Underbone) dimulai, Richard Taroreh membuka taktik tim. Taroreh menjadi ‘kapten’ Yamaha Indonesia di kelas bebek yang menggunakan Jupiter Z1 ini. Katanya, dia  dan Herman Bass mengawal teman lainnya untuk saling ‘menunggang angin ala balapan bebek di Sentul Besar.

Yang dimaksud adalah Syahrul Amin yang start dari pole, Reza Dhanica dan Galang Hendra. Mereka akan terus berombongan di lomba Yamaha Asean Cup Race 2013 yang berlangsung di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jawa Barat pada 1 Desember 2013.

Maksud lain Taroreh, pembalap yang mereka kawal memiliki bobot yang lebih ringan dari pada mereka berdua. Yamaha Jupiter Z1 yang sama rasa ini akan lebih diuntungkan  lajunya jika dipakai pembalap ringan. Beban mesin berkurang. Nantinya mereka akan nebeng angin alias slipstreaming alias curi angin alias menunggang angin tadi.

Ternyata oh ternyata, taktik tersebut berubah saat di sirkuit pada race-1 baru dilepas. Herman dan Richard malah melejit duluan dengan pengalaman mereka dibanding yang dikawal tadi.

“Lap-lap awal sulit bagi tim kami untuk bersama dalam satu rombongan. Saya pun bertindak sendiri untuk pertahankan posisi di depan,” ungkap Herman yang asal Makasar, Sulawesi Seletan yang berhasil podium pertama. 

Langkah yang sama pun dilakukan Richard yang kesulitan mengamankan posisi teman-temannya, “Saya sempat menempel dengan Herman, namun harus kalah fight menuju garis finish. Di belokan terkahir kunci untuk melaju ke finish saya sudah hapal karakter motor. Di situ harus dipelintir smooth untuk menjaga momen tenaga. Tapi, Herman dan Thailand bisa beriringan,” kata Richard yang finish ketiga.  

Dan posisi keduanya ditempati pembalap Thailand, Peerapong Loisboonpeng. “Tekanan dari tim Indonesia cukup keras, saya beruntung bisa tetap berada di rombongan depan,” ungkap Peerapong dengan bahasa melayu kuno, hehe. AN

BACA JUGA

Hasil Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul, 30 November-1Desember 2013

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul: Kualifikasi R15 Agus 1:58 Detik, Thailand Tercepat

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul; Indonesia Menunggang Angin Underbone

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul; YZF-R15 Pakai ECU Daytona Racing

 

 

BAGIKAN