nhk

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul: Rock And Race, Indonesia Target Juara

 

 

ManiakMotor – Setting podium di lobby Sultan Hotel di Senayan, Jakarta Pusat, simbol prestasi  Yamaha Indonesia (YI) di ajang Yamaha Asean Cup Race (YACR). Dari 9 kali YACR, 5 kali tim YI menyandang gelar juara YACR. “Kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah event tahunan yang ke-10,” ungkap M. Abidin selaku GM Service And Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada sambutannya dalam jumpa press Jumat, 29 November 2013 di Sultan Hotel. 

Acara balapannya sendiri dimulai 30 November atau Sabtu besok sampai dengan Minggu 1 Desember di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jawa Barat. Ada dua kelas yang digelar, untuk seeded atau expert akan membesut Yamaha YZF-R15 sementara kelas pemula atau novice akan membalap pakai Yamaha Jupiter Z1. Ada 21 pembalap yang turun di sport atau seeded dan 23 pembalap di kategori pemula atau disebut kelas moped alias underbone. 

Indonesia menjadi tuan rumah untuk keempat kalinya, dan menurut catatan sejarah YACR, Indonesia juga yang membuka event perdana YACR di 2003 silam sekaligus menjadi juaranya, “Event ini juga menjadi tolak ukur skill pembalap tiap-tiap negara Asean,” ujar Abidin. Ada 6 negara yang ikut serta, Indonesia dengan 10 pembalap, sama juga jumlahnya dengan Malaysia dan Thailand, Philipina membawa 6 pembalap, India dengan 5 pembalap, dan Jepang 3 pembalap. 

Target untuk tim Indonesia tentu menjadi juara. Lha iyalah, hapal setting dan jalur kan. Namun, persaingan bisa imbang dengan alat atau motor Yamaha YZF-R15. Ini motor belum pernah dipakai balap di kejuaraan manapun di dunia, apalagi Asean.

Meskipun negara India sudah memasarkan motor ini tapi skill pembalap macam Agus Setiawan, Sulung Giwa dan  kawan-kawan elmu kira-kira masih lebih tangguh. Bahkan beberapa pembalap sudah biasa dengan supersports 600 cc lewat R6 di Sentul Besar itu. 

 “YACR menggabungkan entertain dan eksebisi, jadi semua bisa menikmati akhir minggu besok di SIC,” ujar Katsumi Tamura selaku Asean Cup Organizer. Misalnya ada Jambore Nasional komunitas pemakai sepeda motor Yamaha di Sentul Kecil, juga ada Noah Band yang dimotori Ariel sebagai brand ambasador Yamaha Indonesia. Ini sesuai dengan tema YACR tahun ini ‘Rock And Race’.   

Jangan lupa, hari Minggu ada Jorge Lorenzo pembalap Yamaha di MotoGP yang akan mengitari SIC menggunakan Yamaha YZF-R6 2014 yang baru lalu di luncurkan oleh Yamaha CBU. AN 

BACA JUGA

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul: Jupiter Z1 Dan YZF-R15 Racikan Lokal

Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul (Jelang); R15 Sedang Disiapkan

Yamaha Asean Race 2013 Sentul; FDR Ban Resmi-nya

Yamaha Asean Race 2013; Nama-Nama Wakil Indonesia, Lorenzo Hadir

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353