nhk

Yamaha Asean Cup Race 2014: Lorenzo Ogah Balap Benaran Di Sentul, Ya Wajarlah!

 

 

ManiakMotor – Tak masalah ada Lorenzo Lovers yang kecewa karena jagoannya tak jadi balapan di Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (7/12). Juara dunia MotoGP 2010 dan 2012 itu punya ketakutan dan pertimbangan realistis. Itu setelah dia memanfaatkan untuk mengenal sirkuit dan Yamaha R25 di sesi warm-up dan sitting lap jelang race Yamaha 250 di Yamaha Asean Cup Race 2014 (YACR).

Karena Lorenzo bukan sekadar eksebisi di OMR R25 itu. Ia akan ikut balapan benaran dengan peserta YACR pakai  R25 yang disebut ST Class 250. Namanya naluri seorang pembalap – walau hanya bintang tamu – pasti ia akan terpancing pol-polan. “Saya akan melawan dan memanfaatkan sesi warm-up dan sitting lap,” jelas Lorenzo sebelum lomba akan keseiapannya membalap denghan anak-anak YACR.

Setelah coba-coba R25 di Sentul Besar Lorenzo kurang yakin. Di warm up ia libas 9 laps. Best time-nya 1:48,218. Doski berada di urutan 13, tertinggal 2,379 detik dari rider Indonesia Sigit Purnomo dan Sudarmono. Dari pantauan kamera sirkuit di berbagai sudut, terlihat sekali JL tak begitu happy.

 Sebabnya R25 jelas beda dengan kenyamanan M1 yang sangat canggih dan supermahal yang dikebutnya di MotoGP. Feeling-nya yang sudah terbiasa mainkan kopling dan gas M1 dengan girboks yang sangat close (rapat), tak dapat diterapkan di R25. Nalurinya mengerem dengan meminjam suspensi depan saat kompresi (memendek) juga tak ketemu.

Iyalah mas, R25 kagak pakai seamless shift gearbox (SSG), gak juga pakai traction control dan suspensi bukan Ohlins yang up-side down. Juga terlihat Lorenzo tak suka dibuntuti kala sejumlah pembalap berusaha contek racing line-nya. Berulangkali JL mengusir pembalap yang membuntutinya dengan melambaikan tangan menyuruh ke depan, tapi sejenak kemudian muncul lagi pembalap lain dengan modus sama. Capek deh!

Parahnya, hujan sempat turun jelang balapan. Dan, itu yang membuat JL putuskan tak jadi ikut balapan. Meskipun cuma balap ecek-ecek buatnya, tentu sangat beresiko jika tetap bermain.  Wong di MotoGP saja ogah main di lntasan basah, apalagi di Sentul yang tak lagi mulus karena jerawatan di beberapa area. Motornya mantu-mantul terus.

Padahal JL saat ini menggunakan waktu sepenuhnya untuk persiapan 2015 yang doski targetkan kembali menjadi jurdun. Ia kapok mengulangi kesalahan tahun lalu yang terlampau banyak kegiatan promosi,  kurang persiapan fisik juga sehingga bobot membengkak 5 kg dan kesulitan di awal musim 2014.  “Saat ini kondisi fisik baru 70%. Setelah libur akhir tahun di Bali, latihan maksimum akan dimulai pada Januari dan pada Februari sudah harus ready 100%,” katanya.

 Jadi, wajarlah dia dibilang ‘takut’ main di Sentul. Jika terjadi hal yang tak diinginkan, jatuh misalnya, maka persiapan ke musim 2015 bisa terganggu. Itu yang tak diingnkan banyak pihak, khususnya Movistar Yamaha sebagai ‘pemilik’ dirinya dan Yamaha Indonesia yang mengundangnya. Andro

BACA JUGA

Hasil Yamaha Asean Cup Race Sentul, Jabar, 6 – 7 Desember 2014

Yamaha Asean Cup Race 2014 Sentul: Lorenzo Tetap Melawan Walau Tak Ikut Latihan Dan Kualifikasi

MotoGP 2015: Duel Rossi – Marquez di Catalunya Paling Heboh 2014

Yamaha Asean Race 2014 Sentul: Lorenzo/Espargaro, Full Race Bersama Pembalap Asean Dengan R25

 

BAGIKAN