nhk

Yamaha Asean Cup Rae (YACR) 2014 (Jelang); Menunggu Time Dan Top Speed R25 Di Sentul Besar

 

ManiakMotor – Salah satu kelas yang ada di Yamaha Asean Cup Race (YACR) adalas ST atau sport. Di kelas itu selain Yamaha R15, muncul pula R25. R15 ancang-acangnya sudah ketahuan dengan fastest lap 1 menit 58 detik sekian-sekian. Itu terjadi tahun lalu di YACR yang berlangsung di Sentul Besar atau Sentul Intenational Circuit (SIC).

SIC minggu ini atau 6 – 7 Desember 2014 akan digunakan kembali untuk YACR. Bedanya ada tambahan one make race (OMR) Yamaha R25, sport terbaru andalan Yamaha di line-up seperempat liter. Kelas baru di YACR ini akan menarik. Selain kapaitasnya paling besar, juga lawan-lawannya di pasar umum sudah lebih dulu punya catatan waktu dan bahkan top speed rata-rata di situ. Time lawan pun variatif. Ada yang spek OMR (standar) dan spek korek habis di kejurnas sport 250.

R25 yang muncul di YACR pastilah spek standar korek yang dalam ukuran boleh digunakan semua spek pembalap.  Ya pembalap Yamaha dari Asean. “Khusus R25 ini soal membaca racing line dengan cepat. Lawannya adalah pembalap Jepang, Thailand dan Malaysia,” jelas Sudarmono, salah satu pembalap senior yang ditunjuk Yamaha Indonesia (YI) ikut YACR. Sudarmonio juga terbiasa dengan supersport 600.

Sudarmono bilang R25 yang akan digunakan di YACR spek motor yang bisa dipakai pemula dan senior. Juga spek motor yang nggak sulit-sulit amat disetel setiap negara. Mesin hanya mapping pengapian lewat ECU dan throttle body. Lalu perombakaan ergonomic ala balap macam pijakan kaki, suspensi dan ban yang akan digunakan.  “Kuncinya adalah halus-halusan membawa mesinnya seperti R15 tahun lalu,” tambah Sudarmono.

YACR tahun ini diikuti enam negara macam Indonesia, Malayasia, Thailand, Filipina, Jepang, dan India. YI ada 15 rider dari total 56 pembalap dari negera peserta.  “Tahun ini kejutannya memang di R25. Motor ini dengan resmi diadu di sirkuit. Itu selain kelas MT (manual transmission/moped) yang menggunakan Jupiter Z1,” urai M. Abidin, GM Service & Motosport YI.

Kabarnya R25 di YACR ini juga akan dilanjutkan tahun depan dengan balapan yang diatur Yamaha sendiri di SIC. Namanya balapan R-Series. Juga bagian dari ancang-ancang YI akan ikut di kelas baru 250 cc di Asia Road Racing Championship. Tinggal tunggu catatan R25 di SIC dari gabungan pembalap muda dan senior dari negara peserta. Tancap. Ito  

BACA JUGA

Hasil Yamaha Asean Cup Race 2013 Sentul, 30 November-1Desember 2013

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353