nhk

Yamaha Bantu Pembuatan Rain Water Harvesting, Untuk Sekolah Jakarta Utara

 


ManiakMotor – Dari motor ke manusia, kalau bukan manusia nggak bakal laku juga motor Yamaha. Itu gunanya donasi untuk kehidupan umat manusia. Kali ini Yamaha menyumbang pembangunan RWH atau Rain Water Harvesting (memanen air hujan). Tentu saja bukan dijadikan BBM, tapi RWH adalah kiat sederhana dan murah kebutahan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan dan permanen.  

Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) Yamaha ini bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta (FKUAJ). Yamaha memberikan donasi Rp. 400.000.000,- diserahkan langsung pada FKUAJ  yang diwakili dr.M.Marcia M, Direktur Utama RSAJ (Rumah Sakit Atmajaya), dr Lukas Kristanda Kepala Layanan Komunitas dan drg Liling sebagai Koordinator pembangunan RWH.

Kerena RWH kegiatannya di DKI, otomatis didukung Pemda DKI. Makanya saat penyerarahan donasi disaksikan langsung Wakil Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. “Kegiatan CSR seperti yang dilakukan Yamaha ini sangat bagus. Saya mengajak perusahaan-perusahaan swasta lain untuk melakukan kegiatan positif seperti ini,” himbau Ir. Basuki dalam penyerahan yang berlangsung di kontornya, Jl Medan Merdeka, Jakarta Selatan, Senin, 18 Februari 2013.

Dana ini ditujukan untuk pembangunan RWH di tiga sekolah di Kecamatan Penjaringan, kawasan Jakarta Utara yang jadi daerah binaan Universitas Atmajaya. Tiga sekolah tersebut adalah SDN Kapuk Muara 05 (pagi), SDN Kapuk Muara 06 (petang) dan SMPN 122 Kapuk Muara. ”Semoga CSR Yamaha ini dapat membantu masyarakat dan adik-adik murid SD dan SMP dalam penyediaan air bersih dan sanitasi  sehat,” papar Dyonisius Beti, Executive Vice President Yamaha Indonesia.

RWH bisa meminimalkan banjir, karena salah satu penyebab banjir penggunaan air tanah berlebihan. Akibatnya, terjadi penurunan permukaaan tanah. Dari sisi lain, air bersih dan sanitasi di Indonesia tergolong kurang. Untuk itu, perlunya pendidikan masyarakat yang dimulai dari usia dini, sejak di sekolah dasar dan menengah. Atas dasar kedua faktor tersebut, Yamaha tergerak akan donasi RWH. Tergetnya RWH akan dirampungkan sebulan ke depan atau sejak artikel dimuat.  



BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353