nhk

Yamaha Cup Race 2014; Konsisten Pada Pembibitan Pembalap Baru

 

ManiakMotor – Sebelum pasar senggol rame seperti saat ini, one make race (OMR) Yamaha sudah ramai duluan. Mereka sudah ada sejak 1991. OMR Yamaha yang memperkenalkan balap bebek cocoknya di sirkuit dadakan. Bahkan OMR Yamaha pernah setahun 52 seri di seluruh Indonesia. Waw, hampir sama dengan jumlah seri MotoPrix di semua region saat ini.

Di launching Yamaha Racing Team Indonesia (YRTI), jelas OMR Yamaha ikut dibicarakan. OMR kan pembibitan internal sesama Yamaha. “Dari Yamaha Cup Race (YCR) program penjenjangan dan sasaran profesional bisa kami awali. Karena dari sini hak penuh pabrikan. Tahun ini hanya 9 seri,” tutur  Supriyanto, Manager Motorsport Yamaha Indonesia.   

Ooo iya, OMR Yamaha nama resminya saat ini YCR yang kepanjangannya disebut Supriyanto tadi. Beda dengan zaman ekonomi masih stabil, bisa 52 seri seperti disebut di atas era 97-an. Namum, menysutnya seri semakin ke sini, kualitas eventnya yang dijaga, termasuk di dalam sebagai pembibitan pembalap muda ala Yamaha.  

Jujur saja, banyak pembalap yang berkibar saat ini lahir dari YCR. Bukan saat ini saja, saat lalu juga begitu. Tanya saja pada mereka yang sekarang jadi bos-bos tim besar di semua mereka yang ada di Indonesia. Itulah YCR yang sampai sekarang tetap dikelola Garputala.  Ya, mereka konsisten dari waktu ke waktu soal racing.

 Awalnya, pasukan motorsport Yamaha akan memulai awal Maret. Tapi, banyak tapinya memang. Pertama lantaran Pemilu, maka diundur lagi menjadi April. Seri pertamanya akan berlangsung di Purwokerto, Jateng. “Sikuit di Purwokerto mendukung,” tambah Supriyanto.

Okelah kalau begitu. Ghalib

BACA JUGA

Launching Yamaha Racing Te am Indonesia; Jadi Jagoan Semua Balap, Modal Ke International

 

BAGIKAN