nhk

Yamaha Cup Race 2015 Seri 2 Aceh (QTT): Edukasi Teknologi Injeksi Z1

ManiakMotor – Edukasi teknologi jadi salah satu poin penting di Yamaha Cup race (YCR). Nah, sesi kualifikasi Sabtu (23/5) Yamaha Cup Race (YCR) seri 2 Aceh memunculkan nama Teddy Permana di YCR 1 atau Underbone 125 cc seeded. Tidak tercepat tapi menarik disimak.

Teddy yang membela tim Yamaha Yamalube RPM NHK FDR SSS KYB AHRS YONK JAYA bisa bikin catatan waktu 42.2970 detik atau selisih 0.061 detik dengan Firman Farera yang membela tim yang sama. Menariknya adalah spesifikasi pacuan yang dibawa Teddy, yakni Jupiter Z1 (injeksi). Ini adalah salah satu Z1 yang turun di kategori seeded hasil korekan Waskito ‘Merit’ Ngubaini. Gap atau selisih catatan waktu tadi jadi pertanda ada ‘sesuatu’ di Z1 itu. Bukan hal baru, Z1 bertarung di YCR atau MotoPrix region Sumatera. Tahun lalu, dalam pantauan portal ini sudah turun  beberapa Z1 di YCR dan MotoPrix region Sumatera. 

Jadi pertanyaan perubahan signifikan apa yang terjadi dengan Z1 kali ini?

Pasalnya, dalam level MotoPrix (MP) region Jawa pun grafik performa Z1 naik drastis bersama tim Yamaha Bahtera Racing (podium 2).  Itu berarti adaptasi mekanik untuk peralihan teknologi karburator ke injeksi sudah signifikan di Jawa. Secara bertahap, region lain macam Sumatera mau tidak mau mengikuti. Itu juga sejalan dengan salah satu misi edukasi di YCR. Menyoal itu, Merit menjelaskan bahwa dibanding tahun lalu memang sudah ada perubahan signifikan pada tenaga yang dihasilkan (26 HP). Power segitu sudah hampir setara dengan Jupiter karburator. Faktanya, seri 6 MP Sumatera minggu lalu di sirkuit yang sama, Teddy mampu posisi 5 Besar.

“Sebelumnya dengan ECU KXF, saat ini pakai Vortex. Juga saat ini RPM atau putaran mesin sudah tembus 12.900, sebelumnya 11.800 rpm. Maping ulang juga naik 2° timing pada 9000 rpm,” urai Merit yang aplikasi klep KXF (29/23,5) knalpot R9.

Makanya, menarik ditunggu bagaimana performa Z1 bernomor start 3 di raceday hari ini, Minggu (24/5). Apalagi layout sirkuit Stadion Harapan Bangsa dengan panjang 1100 meter lebar 8-10 meter kombinasi 12 tikungan klop dengan karakter Z1 yang lembut.  “Pastinya, proses riset masih terus jalan seperti rasio, throthle body Vixion (reamer 30 mm) ,” tutup Merit.

Lanjutkan! Ardel

Baca Juga

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Jelang Aceh: Makin Menantang di Trek Anticlockwise

YCR 2015 Seri 1 Purwokerto: YCR 5-6, Mario SA Vs Wahyu Nugraha, ‘Titisan’ Juara!

     

BAGIKAN