nhk

Yamaha Cup Race 2015 Seri 2 Aceh (Race): Ada Asa Dari Stadion Harapan Bangsa

ManiakMotor – Yamaha Cup Race (YCR) seri 2 Sabtu-Minggu (23-24/5) di Sirkuit Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, sukses menghadirkan 10.000-an pasang mata. Angka fantastis untuk sebuah gelaran balap satu merek alias OMR (One Make Race) di region luar Jawa.

Bukan semata gratis, tapi ragam suguhan acara balap dan nonbalap memang jadi magnet. Bisa dimaklumi mengingat OMR Yamaha terakhir digelar di bumi  Rencong 1996 silam. “Saat itu balapannya di sirkuit H. Dimurtala, masih di Banda Aceh.  Potensi balap di sini tumbuh, tapi terkendala di sarana sirkuit. Makanya, YCR kali ini antusias disambut,” bilang Reza Pahlevi, salah satu rider kenamaan Banda Aceh yang sekarang bergabung dengan tim Yamaha RPM, tim elit di region Sumatera.

Ada Asa dari sirkuit Stadion Harapan Bangsa jika menyimak paparan Reza. Hal itu seiring dengan penjualan signifikan Yamaha, utamanya kategori sport di Aceh. Komunitas pemilik motor Yamaha yang tumbuh juga memberi andil positif.  Penonton yang hadir makin bersemangat karena tahu performa motor yang diadu adalah yang seminggu sebelumnya menguasai seri ke-6 MotorPrix (MP) region Sumatera di tempat sama. Benar saja, dari 8 kelas yang dilombakan  (99 starter)  semua suguhkan persaingan yang ketat. YCR 6 atau OMR Jupiter Z1 Pemula B, Non Pabrikan misalnya, “Ini adalah kelas yang mengadu skill pembalap,dengan  spek motor yang sama. Mereka adalah pemula di bawah 16 tahun, bisa disebut talenta muda berbakat. Riding style mereka sebagian menerapkan apa yang didapatkan di YRA (Yamaha Racing Academy) sehari sebelumnya,” ujar Supriyanto, Manager MotorSport  PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Singkat cerita, YCR kali ini punya catatan penting dalam tonggak kebangkitan balap motor di kota ‘Serambi Mekkah’ itu. Pemerintah Provinsi lewat Pengprov IMI Banda Aceh juga memberikan apresiasi terhadap ‘kepedulian’ Yamaha.

“Otoritas di sini harus saling bersinerji.  Targetnya menyediakan sarana latihan yang memadai. Memang dengan pengaspalan di sekitar Stadion Harapan Bangsa hingga seperti saat ini, jadi awal yang baik,” yakin Ir. M. Adi Y, manager tim Andesmont, salah satu ‘kekuatan’ Aceh di kancah MP Sumatera dengan rider andalan Safrianto Ilham dan M. Ikram. 

Harapan lain muncul dari tim dari luar Aceh seperti Majestic Belando Racing Team (Palembang). Ini adalah tim privateer yang mulai mencuri perhatian.  “Jarak Palembang-Aceh ditempuh perjalanan darat 3 hari 2 malam.  Ini semata demi menunjukan eksistensi kami sebagai wakil Palembang. Bersyukur bisa podium ke-3 di YCR 3 dan YCR 4,” kata Ferry Majestic selaku pemilik tim.

Oke, bagaimana persaingan seru di kelas-kelas utama akan diulas pada tulisan berikutnya. Sampai jumpai di YCR seri 3 Padang, 6-7 Juni mendatang. Ardel

Baca Juga

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Jelang Aceh: Makin Menantang di Trek Anticlockwise

YCR 2015 Seri 1 Purwokerto: YCR 5-6, Mario SA Vs Wahyu Nugraha, ‘Titisan’ Juara!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Purwokerto; Nih Pembalap Terkuat Seri Pertama

   

 

BAGIKAN