nhk

Yamaha Cup Race 2016 Tasik (Final): Kasihan Aldy Satya, Bocah Talenta Gagal Naik Podium Kedua Kalinya

Yamaha, Aldy, mahendra, YCR
Aldy, potensi masa depan Indonesia

ManiakMotor – Kasihan betul nasib Aldy Satya Mahendra. Pembalap berusia 10 tahun gagal naik podium kedua kalinya ketika ikut tarung di final Yamaha Cup Race di sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jabar (11/12). Setelah meraih podium kedua di kelas YCR 5 (Moped 150 cc std Pemula B), posisi yang sama bakal diraih lagi saat berlaga di kelas YCR6 (Moped 125 cc Pemula B). Namun sirna lantaran Aldy salah membaca instruksi dari kru timnya.

Dalam pesannya, kru meminta Aldi mengurangi kecepatan lantaran lawan di belakang sudah terlalu jauh. Ya, dasar masih anak-anak dan polos, aba-aba tangan itu diartikan sudah finish. Maka, ia pun memperlambat laju dan langsung masuk pit. Sekalipun begitu, Aldy harusnya melewati dulu garis finish dan melihat adanya kibaran bendera finish untuk memastikan lomba udah selesai.

Road race, Aldy, Galang, YCR
Aldy dan sang idola Galang. Wah bisa bersaing nanti

Ya, nasih udah jadi bubur. Podium yang kedua pun sirna. Tapi, Galang  Hendra (17 thn) mengakui kalau Aldy punya kelebihan bila bermain di sirkuit permanen macam  Bukit Peusar dengan panjang 1,3 Km. Buktinya, sukses naik podium  kedua di YCR 5.

“Beberapa kali main di sirkuit dadakan seperti di dua seri sebelumnya juga motorprix Aldi seperti alami kesulitan lantaran postur tubuh yang masih kecil.  Tapi beda dengan sirkuit permanen dengan model rolling Aldi piawai,”ungkap Diki Hestu, ayah sekaligus mentor kali pertama bagi dua talenta muda Indonesia itu.

Ada yang menarik kala GHP-sapaan akrab Galang kala jadi mentor di sesi coaching clinic. Dari 20 rider muda yang ikuiti sesi itu ada Aldy yang mengaku Galang memang idolanya,, tapi bukan tidak mungkin suatu saat jadi pesaingnya. “Galang mulai balap kelas 1 SMP, sedang  Aldy kelas 2 SD sudah mulai balap. Malah masih ngedod  susu waktu itu,”ujar Dessy Prasanti, ibunda Aldy.  Ditambahkan oleh sang ayah , Galang dan Aldy pernah dites dengan spek motor sama di Sentul besar,  Galang kalah.

Jadi pertanyaan berlabuh ke mana Aldy musim depan? Soal itu, memang masih ‘misteri’. Gosipnya sih lagi diincar Honda. Lalu? Galang Vs Aldy? Ardel

BAGIKAN