nhk

Yamaha Cup Race 2019 Bangka: Dua Tim Menonjol Di Depan Ribuan Penonton

ManiakMotor – Yamaha Cup Race (YCR) 2019 di Bangka pada 13 – 14 Juli 2019 menandai 3 dekade atau 30 tahun penyelenggaraannya. YCR di Bangka diadakan di Sirkuit Kantor DPRD Pangkal Pinang, Kep. Babel. Event ini mendapat respon dari penonton. Ribuan pasang mata memadati area trek yang panjangnya 1 km.

Penonton antusias lantaran YCR Bangka dihadiri tim-tim papan atas nasional. Pembalap mereka menyebar pada kelas-kelas utama, mulai YCR1 (Expert 150 cc), YCR2 (Novice 150 cc) dan YCR3 (Rookie 150 cc). YCR di Bangka memang sudah lama dinanti. Tidak kalah menghibur, kelas lain seperti Matic 150 cc Std Shohroom Open ataupun Matic 150 cc Tune-up Open.

Di kelas utama, YCR1 dan YCR2, perseteruan antara 2 tim unggulan di region Sumatera. Tim tersebut adalah Yamaha Suhandi Padang 88 asal Sumatera Barat yang mengandalkan seeded Renggi Lukmana dan Yamaha BTKS dari Sumatera Utara dengan racernya Agus Setiawan.

Renggi mendapat perlawanan sengit dari Agus pada dua kelas tersebut. Keduanya seru sejak lap awal hingga bendera finish dikibarkan. Pada akhirnya, Renggi yang meraih podium juara YCR1. Tim ini memang mengundang langsung 3 tuner asal Yogyakarta, mulai Tangguh “Trembis”, kemudian Torana “Lodong” dan Mosik Priyonggo “Onggo”. Itu masih ditambah lagi dengan 2 krunya.

“Target kita memang ingin merebut juara hingga dapat mengamankan tiket menuju Grand Final Yamaha Cup Race 2019,” tutur Korik selaku manajer tim Yamah Suhandi Padang 88. Begitupun perseteruan di kelas pemula A (YCR2). Jagoan tim Yamaha BTKS, TM Kausar mendapat perlawanan duet Yamaha Suhandi Padang 88, Maruli Laden dan Arif Murizal. Finally, mereka berdua yang sukses meraih podium 1-2, sedangkan TM Kausar harus puas finish ke-3.

Tidak kalah menarik ialah pertarungan di kelas Matic 150 cc Standar Showroom yang bersifat Open. Kelas ini mengakomodir tim-tim yang memiliki kendala sehubungan budget dana. Yamaha Indonesia berupaya menampung gairah lokal Babel yang memang banyak menyukai kategori tersebut.

Motor yang dipakai wajib standar pabrik, tidak boleh di bore-up dan knalpot juga harus standar pabrik. Cukup ban yang boleh diganti dan standar samping dan tengah yang harus dilepas. Di kelas ini ada N-Max, Aerox, Mio J dan Mio Z. Kompetisinya begitu ketat karena secara spesifikasi motor mutlak standar pabrik.

Atapun kelas Matic 150 cc TU Open dimana para mekanik diijinkan untuk memperbesar kapasitas mesin hingga 150 cc. Ada 16 starter yang terlibat pada kategori ini. Mereka tidak hanya datang dari Babel, juga dari Sumsel.

Disamping itu, Yamaha Sumber Jadi sebagai main-dealer wilayah Kep. Babel juga menampilkan berbagai lini produk Yamaha dengan Livery Monster Energy. Ini yang menjadi atensi dan daya tarik pengunjung yang hadir di YCR 2019 Bangka. Terlebih dengan berbagai penawaran menarik. “Respon penonton sangat baik. Semoga YCR ini  dapat memperkuat image Yamaha di Babel,” ujar Hartono, Direktur CV. Sumber Jadi selaku main-dealer Yamaha untuk wilayah Kep. Babel setelah berakhirnya YCR 2019 Bangka yang dihadiri 158 starter. Rilis Yamaha Racing Indonesia

BAGIKAN