nhk

Yamaha Cup Race 2019 Boyolali; Race YCR1 (MP1) Milik Ervin Dari Bahtera

ManiakMotor – Lagi menikmati enaknya Yamaha MX-King buat bertempur di MP1. Kelas ini kalau di Yamaha Cup Race disebut YCR1. Begitu yang terlihat dari Ervin Firmansyah ketika race YCR1 di sirkuit Gokart Boyolali, Jawa Tengah pada Ahad 28 April 2019.

Ervin (85) sempat tertinggal oleh Herman Bass

Ervin yang membela Yamaha Bahtera tersebut memang baru tahun ini pindah merek. Maka dia pun merasakan rangka MX-King yang lincah dan enak dikebut, “Padahal motor sempat masalah di pertengahan lomba,” kata Ervin yang juga tercepat saat QTT diadakan Sabtu.

Dalam kondisi tak bisa lepas dari Herman Bass (Yamaha Akai Jaya) dia pun jadi mekanik sambil membalap. Maksudnya, mesin motor tidak dipaksakan. Dia hanya memainkan kelincahan MX-King korekan Anton GDT tersebut sembari menetralkan mesin. Makanya di pertengahan lomba agak ‘memelankan’ MX-King-nya dan sempat diambil pemain gitar Bass, eh salah, Herman.

Podium MP1

Tapi begitu mesinnya normal lagi, Erwin kembali menikmati enaknya torsi MX-King yang didukung karakter rangka di sirkuit teknik Boyolali. Di lap terakhir di R3, kembali dia tekuk si Herman, “Sebenarnya dari jauh hari saya telah beradaptasi dengan MX-King Bahtera. Terutama penyetelan bodi, suspensi dan rasio,” kata Ervin yang puas dengan hasil race lantaran juara.

Anton GDT sendiri berjanji akan memerhatikan pemetaan ECU ketika lomba. Kalau soal torsi yang dibutuhkan di sirkuit ini sudah disetel lewat pengapian, kompresi dan final gear sejak latihan dan QTT, “Ketika race AFR-nya saya beri agak kering, karena mendung. Yakni 12.2,” kata Anton yang kalau mau lihat video jalannya race ada di sini.

Pentolan Yamaha MotorSport Indonesia

Herman sendiri mengaku puas dengan posisi kedua. Baginya, lomba MP1 di YCR sangat bergengsi, “Saya bisa ikuti Ervin dari awal dan sempat menyalipnya. Tapi saya nggak bisa lepas darinya dan malah diganggu terus,” kata Herman yang berasal dari Sulewesi Selatan tersebut yang menggunakan MX-King setelan MBKW2.

Akhirnya acara YCR dengan rekor peserta melebih tahun lalu ini, ditutup dengan petarung meriah MP1. “Jumlah peserta jauh melebihi target, tadinnya hanya berharap seratusan starter. Tapi fakta bisa 267 starter. Sudah gitu jalannya semua kelas ketat. Puncaknya di MP1 ini,” bangga Kadel Suma dari divisi MotorSport Yamaha Indonesia dari lokasi. Raider

BACA JUGA

Hasil Yamaha Cup Race (YCR) Boyolali, Jateng 27 – 28 April 2019

BAGIKAN