nhk

Yamaha Cup Race Makassar: Night Race Dengan Nuansa Mall Plus Angin Pantai Sopoi-Sopoi

 

 

ManiakMotor – Yang namanya night race (balap malam)  ya selalu menarik.  Apalagi treknya di area mal yang sehari-hari jadi pusat berkumpulnya anakmuda, pingir laut pula. Hmm! Asin bro, ya air lautnya yang asin dengan aingin sopoi-sopoi yang amboi tambah asoy.

Itulah daya tarik putaran ke-7 serial Yamaha Cup Race (YCR) di sirkuit Trans Studio Makassar, Sulsel. Tak heran kalau sesi latihan dan kualifikasi saja pada Jumat (26/9) malam pun sudah lumayan ramai.

Semuanya bisa menikmati balapan tanpa harus berkeringat dan tersiksa oleh panasnya cuaca Sulewesi yang gila-gilaan alias di atas normal. Di setiap sudut trek terasa angin sejuk dari lautan sana. Ya, mirip sejuknya cuaca di Philip Island gitu hehehe!

Sebagai pelopor serial balap one make race yang umurnya sudah 25 tahun, selalu menarik pula mencermati bocah-bocah bertalenta yang selalu muncul di setiap seri. Begitupun dari 139 starter dari total 76 peserta seri Makassar yang datang dari berbagai wilayah Sulsel. Saking semangatnya, mereka jadikan sesi latihan seolah sudah balapan sesungguhnya. Akibatnya, ya harus alami yang namanya crash karena memaksakan diri di trek aspal kasar dan di berbagai sudut bahkan berkerikil halus. Maklum bos, kan bukan sirkuit sungguhan.

Salah satu yang merasakannya adalah Andi PS, bocah ‘nakal’ berusia 16 tahun yang turun di kelas lokal pemula. Kabarnya sih anak ini sudah dikenal di ajang balap liar yang marak di Makassar dan mulai diarahkan untuk ikut balpan resmi. Wadahnya ya YCR ini. Ini kali pertama ia ikut YCR karena tahun lalu belum dapat izin dan sponsor. Kebetulan ada pemilik motor yang mensponsorinya jadi joki. “Asyik dan ingin lebih sering ikutan,” katanya.

Gaya balapnya, tentu saja macam pasar senggol dengan prinsip gaspol yang ditunjang nyali yang juga pol. Sayang, di salah satu tikungan doski terjengkang dengan Mio andalannya. Lengan kanannya bengkak dan luka sobek sehingga butuh bantuan medis sembari jongkok di luar lintasan.

Untungnya, catatan waktunya sudah masuk 8 Besar dan lolos ke sesi berikut. Dan, lucunya, racing suit yang dikenakannya ternyata pakai merek motor pesaing Yamaha sebagai pemilik hajatan. Ini OMR pabrikan Jepang, dan ia pakai atribut motor made in Japan lainnya yang tentu saja menyalahi etika OMR. “Bagaimana lagi Pak, cuma punya yang ini,” katanya cengengesan khas ABG.

Ah, mungkin karena itu pula kau jatuh? Andro

BACA JUGA

 Hasil Lomba YCR Makasar, Sulsel, 26 – 27 September 2014

 

BAGIKAN