Yamaha Cup Race Mau Balik di 2024 Tapi Sulit Gelar Lebih dari 5 Seri, Apalagi di Luar Jawa? Ini Perbedaannya dengan Event Club Lain

Road Race Dewa
Herman (005) sempat ketinggalan di awal lap

Maniakmotor – Yamaha Cup Race adalah OMR alias one make race Road race di Sirkuit Kecil. Beda sama YSR yang di sirkuit besar dan tahun lalu tetap berjalan.

YCR terakgir dilakukan pada 2019, tepat di usia ke-30nya, dan kalau di 2024 ini dijalankan, maka akan jadi tahun ke-31.

Isunya event ini bakal berjalan sebanyak 5 seri atau lebih di tahun 2024. Emang banyak jumlahnya bro kan masih isu, hehe.

Tapi banyaknya jumlah seri itu bisa jadi masalah nih. Bukan Mimin yang bicara, tapi Wahyu Rusmayadi, Manajer Divisi Motorsport, PT.YIMM.

Menurutnya, ia tak bisa memastikan kalau tanggal-tanggal event club dan Kejurnas belum jelas. Jadi saat ini ya Yamaha Racing Indonesia belum bisa konfirmasi.

“Itu pertama ya. Kita harus lihat dulu nih schedulenya di tahun 2024. Kalau terlalu padat, dan kita memaksakan 5 seri, pasti gak akan jalan,” kata Wahyu dengan nada tegas.

Wahyu Rusmayadi

“Semoga saja sih kalau masalah itu bisa langsung dilihat sehabis rakernas. Jadi rakernas selesai, dan agenda tahunan keluar, kita bisa juga ikut schedule,” sambungnya.

Itu juga nyambung kalau kita ngomong dana transportasi tim-tim. Apalagi isunya sih bisa 5 seri di berbagai pulau.

Menurut Wahyu terlalu ngeri, karena bisa-bisa tim pada boncos alias kesulitan. Makanya itu juga jadi salah satu pertimbangannya saat ini.

“Kan belum tentu tuh semua tim mau dengan kebijakan itu. Apalagi kalau ini bisa menentukan hasil juara umum, pasti yang ada bisa ditolak,” tuturnya.

“Yang kita ingin lakukan adalah bisa mengembangkan budaya balap Yamaha ke masyarakat. Kami bukan cari yang lain-lain, karena ujungnya ada di brandong Blu cRU Yamaha,” tambahnya.

Yang pasti, misal Yamaha Cup Race digelar di berbagai daerah, maka incaran utama Yamaha Racing Indonesia tak semesta-merata membuat event yang menarik.

“Bedanya kami, YCR kerap justru jadi wadah pertama joki baru. Tadinya mungkin nggak pede di atas motor, tapi dengan ikut event ini bisa lebih mantap,” tuturnya.

“Itu tim-tim harusnya juga tahu, jadi tidak ada yang takut ikut YCR. Bukan karena eventnya Yamaha, maka yang di juara harus selalu tim pabrikan, tapi tim privater juga boleh dan bisa bersaing,” pungkas Wahyu.

Mantap nih kalau ada 5 seri! Gaspol

RAIDER