nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2013 Bangka; Kelas Yang Dilombakan Telah Mengakar Pasar

ManiakMotor – Pasar Yamaha di Bangka sudah mengakar, sampai ke akar-akarnya. Itu alasan utama perhelatan akbar balap motor tertua di trek dadakan di Indonesia sampai di kota terkenal dengan martabaknya itu, hehe. Nah mereka antar martabak pakai Yamaha brosist. Di sanalah Yamaha Cup Race (YCR) 2013 kemarin di helat. Tepatnya  di sirkuit Air Itam, Bangka  yang berlangsung 28 – 29 September.

Mudah mendeteksi Yamaha mengakar di kota itu. Tuh ada 200 starter yang mendaftar. Lumayan untuk ukuran balapan semerek, di luar Jawaa. “Pertimbangan seperti itu untuk memilih daerah yang disinggahi YCR. Memang ada dua pilihan, yakni membuka pasar atau mempertahankanya,” tutur Supriyanto, manajer motorsport PT  Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Berarti Bangka dalam posisi mempertahankan, dibikin makin kuat akarnya. Boleh dicek yang disebut berakar-akar tadi. Caranya? Ya, jumlah starter tadi. Kalau belum jelas, silakan baca terus. Kelas-kelas yang dibuka pada YCR Bangka, peserta terbanyak disumbang gabungan motor masa kini dan masa lalu. Yang masa lalu itu, bukti akarnya sehingga muncul ranting-rantingnya atau motor-motor produksi terbaru yang dijoki starter.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Bbek 2 tak pemula maupun open, wuih peserta di dua kelas itu mencapai masing-masing 23 yang dilepas start. Ini dikombinasi dengan kelas Yamaha MX 135 cc yang seimbang jumlahnya.  “Biasanya dua kelas ini meramaikan di event mana saja, entah kejurda dan klub event, sekalian YCR ini,” sebut  Yudi Agustian, pembalap tuan rumah yang berbendera Kita-Kita Jurus Tandur Racing.

Cerita 2-tak berarti sudah mengakar bangat tuh penggemar motor kencang di sana. Itu dia mesin Yamaha Force One sampai generasi Fiz-er atau F1-ZR. Motor-motor ini sampai memenuhi grid sirkuit Air Itam di kompleks gubernur Bangka.  Kelas 2-tak bersaing dengan motor masa kini yang telah 4-tak. Intinya motor zaman dulu saja ramai, yang sekarang lebih ramai, dong. 

Hartono Wongso Djojo, Direktur CV. Sumber Jadi, Main Dealer Yamaha Bangka Belitung menyebutkan, Yamama berhasil mempertahankan rasa sporty dari era Force-1 sampai generasi sekarang. “Yang sekarang itu ada di Jupiter Z diperbarui lagi oleh Z1, Jupiter MX, matik Xeon RC dan Soul GT. Motor seperti itu yang disuakai di Bangka dan sekitarnya, lantas memengaruhi jumlah starter,” tegas Hartono  pada daerah penghasil timah dan lada itu.

Tinggal meneruskan Force-1 yang memang laku bak kacang goreng pada 90-an akhir di sana. “Saya sudah empat tahun ikut YCR. Saya juga masih sempat merasakan pakai 2-tak. Setiap tahun ini acara makin ramai, tidak kehilangan peserta bila di Bangka,”  dukung Endot Baday yang juara di kelas puncak YCR1 (Bebek 125 Tune-Up Open) dan YCR2  atau Bebek 110 cc Tune Up Open.

Baday memang  bukan pemuda Bangka, dia dari Pangkal Pinang yang masih tetangga. Baday sekarang tinggal berharap seperti janji YIMM akan mendistribusikan onderdil Jupiter Z1 Racing. Pembalap RRT Ronggolawe Racing Team FDR SSSB ’Pro itu, juga ingin merasakannya. Semoga peyebarannya mirip Force-1 yang bertahan sampai sekarang di sana. Lomo

BACA JUGA

Hasil YCR Bangka, 28 – 29 September 2013

YCR 2013 Bangka: Yamaha Safety Riding Untuk Anak

Yamaha Cup Race (YCR) 2013 Bangka; Sirkuit Yang Panjangya 1 Km

YCR 2013 Jelang Seri V; Langsung Terbang Ke Bangka Belitung

 

 

 

BAGIKAN