nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2013 Jelang Seri-1 Cimahi, Temanya Balap Murah Dan Canggih

 

ManiakMotor – Minggu ini balapan tertua one make race akan (OMR) kembali dipentas dengan lima  tema sekaligus. Itu dia   OMR Yamaha yang sekarang ngetop dengan Yamaha Cup Race.  YCR 2013 akan memulai seri pertamanya di sirkuit Brigif, Cimahi, Bandung, Jawa Barat pada 18-19 Mei ini.

Tema itu adalah terus menghidupkan industri balap motor Indonesia. Pertama soal seragam bahan bakar dengan oktan 95. Kedua balapan yang murah. Ketiga safety riding yang tokoh-tokohnya para pembalap. Keampat pembibitan yang sejak OMR Yamaha bernama Sunday Race yang terus dipertahankan. Kelima apa pak?  “Tema kelima melatih pembalap dan tim lebih profesional. Kelimanya itu masih satu benang merah untuk jayanya balap motor ke depan,” ujar Supriyanto, selaku Manajer Motorsport Yamaha Indonesia.

Penggunaan oktan 95 lewat Pertamax Plus adalah menyesuaikan dengan aturan dari induk balap motor Indonesua. Dari YCR ini akan diajarkan ketidak tergantungan pada oktan tinggi, selain mutu diragukan dan sulit dicari. Bicara sulit dicari berarti mahal. Dengan oktan PP yang rendah, kenerja mesin tidak meletup-letup dan stabil. Pada akhirnya akan menciptakan balap yang murah. Di YCR aturan PP akan wajib di seeded dan pemula, kelas lainnya akan mutlak pada seri berikutnya.

Balapan murah YCR khususnya Yamaha akan memperkenalkan spare part bolt-on. Yang namanya silinder, head, kem dan sebagainya sudah ada angka-angkanya. Para peminat tinggal pasang dan akhirnya bikin tukang korek sudah nggak laku, hehe. Itu dumulai dari Jupiter Z1 yang diperkenalkan  para insinyur racing Jepang. “Dengan sistem plag and play ini yang namanya kegagalan riset bisa ditekan. Ya, jadilah balap yang lebih murah,” tambah M Abidin, pentolan Servis dan Motorsport Yamaha Indonesia.   

Safety riding menempatkan ridernya sebagai dutanya. Karena pembalap itu kan menjadi model atau panutan sehari-hari teman dan orang di sekitarnya, apalagi pembalap muda yang masih sekolah. Maka selain dibekali ilmu safety riding juga sudah dibiasakan menggunakan helm saat naik motor harian. Ini diterapkan di YCR 2013, meskipun hanya berkendara di dalam paddock.

Pelatihan safety riding pertama kali diberikan pada para pembalap Februari lalu di Sentul International Karting (SIK), Bogor, Jawa Barat yang dikemas dengan nuansa balap agar peserta tidak jenuh. “Selama ini saya hanya menguasai prakteknya, sementara teorinya tidak. Setelah diajari, saya jadi paham maksudnya,” tukas Temmy Pratama, pembalap Yamaha  Yamalube SND yang bermain di MotoPrix region Jawa. Tahun ini Temmy baru saja naik peringkat ke seeded.

Di YCR pembalap diajarkan berbicara pada media dalam hal ini press conference, bukan hanya pembalap, tim pun demikian. Itu untuk terbiasa dengan iklim event internasional. Bahkan sekarang, registrasi atau pendaftaran harus dilakukan online. Balapan canggih memang.

So, YCR tahun ini ada delapan kelas yang dipertandingkan. Yaitu YCR1 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Seeded), YCR2 ((Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded), YCR3 (Bebek 4 Tak 125 cc Tune Up Pemula), YCR4 (Bebek 4 Tak 110 cc Tune Up Seeded), YCR5 (Jupiter Z1 Standard Pemula), YCR6 (Bebek 110 cc Standard Tune Up Pemula), YCR7 (130 cc Matik Tune Up Open, YCR8 (Xeon RC Standard Pemula). Adit

BERITA TERKAIT

OMR Yamaha Tangerang, Mencari Bakat Pebali..!

Yamaha Cup Race, Pasar Senggol Tertua Tetap Di Tasik

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353