nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2013, Jelang Seri 3, Batal Di Solo, Pindah Pekalongan

 

 

ManiakMotor – Masuk seri 3 Yamaha Cup Race (YCR) 2013 dan balik lagi di Region 2 (Pulau Jawa). Sepuluh hari jelang race day dari seri tersebut, lokasi pindah dari tempat yang telah dijadwalkan. Semula di dekat Masjid Agung, Solo, Jawa Tengah, kemudian digeser ke Pekalongan. Karena masih sama di Jateng, makanya nggak ngaruh  ngaruh pada persiapan tim, peserta, dan panitia. Malah YCR di Pekalongan dijamin tetap etap gempta dan antusias.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Persiapan itu meliputi teknis dan non teknis. Pembalapnya fokus pada fisik, khususnya pembalap yang berlaga di Motoprix (MP). “Persaingan YCR besok akan sengit. Karena yang dihadapi nanti banyak pembalap IndoPrix (IP). Saya rasa fisik penting untuk bisa bersaing dengan mereka di sirkuit non permanen,” kata Rusman Fadhil, pembalap Motoprix dari tim Yamaha ARG Jasti Putra BKMS.

Pembalap IP itu macam Asep Kancil, I Gede Arya, Floranius Roy, Anggi Permana dan Yoga Adi. Teknisnya yang berhubungan deng set-up  motor yang dicocokkan dengan sirkuit. Tipikal sirkuit di Pekalongan, pasti  pasar senggol, trek dadakan. Mirip dengan seri 1 di Cimahi, tapi sudah disulap ciamik sesuai fasilitas balapan dan terutama safety.  Soal ini sih, YCR jangan diragukan, maklum YCR adalah balapan pasar senggol tertua dan lebih tua dari pasar senggol itu sendiri.

Itu balapan sudah banyak berganti nama. Sejak nama awalnya Yamaha Sunday Race di ujung 80-an yang pesertanya macam Petrus Tobun Canisius bahkan Frans Tanujaya dan Pieter Tanujaya yang keduanya sebenarnya dari motocross.  Karena sejarahnya ini, tim antusias mencari settingan pas, agar tim saya dikenang seperti mereka,” bilang Novi Ridlatama, Manajer tim Yamaha Yamalube NHK 3M FDR Ridlatama, yang saat tulisan ini diketik sedang dalam perjalanan, dari markasnya di Jawa Timur.

Artinya perpindahan lokasi Solo ke Pekalongan sama saja. “Tipikal sirkuitnya sama, hanya relokasi dan jaraknya tidak jauh. Sebabnya, didekat Masjid Agung, Solo, berbarengan dengan acara. Kita tidak mau ambil risiko bentrok,” tambah Supriyanto, Manajer Motorsport PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Mantap. Adib

BACA JUGA

YCR 2013 Seri 2 Medan; Jupiter Z1 Atasi Ketergantungan Teknologi Jawa

YCR 2013 Seri 2 Medan; Safety Riding Dari Pembalap Untuk Masyarakat

 

BAGIKAN