nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Donggala: Persiapan Matang, Hasilnya Ke Final

 

ManiakMotor – Sudah ketahuan juara di dua kelas bergengsi one make race Yamaha di Donggala, Sulawesi Tengah. Bukan karena musuhnya lembek, tapi di hadapan ribuan penonton yang antusias keduanya lebih siap. Mereka bermain lebih baik pada seri 8 Yama Cup Race (YCR) di Pantai Donggala pada 19 Oktober 2014. YCR1 atau Bebek 125 TU Seeded dimenangi Iskar HU dan YCR2 (Bebek 110 TU Seeded oleh Anis KS.

Iskar memperkuat   Sidrap AHRS Racing Team  dan Anis dari NHK Aries Excel SSS RR. Duet maut ini sejak sesi kualifikasi memang telah menonjol di kelas masing-masing. Keduanya layak bertarung ke tingkat lebih tinggi sesuai sararan YCR sampai ke Donggala, kota kabupaten yang jadi tetangga Palu ibu kota Sulteng.

Juara didapat keduanya dengan persiapan yang matang. “Saya sudah siap jauh-jauh hari untuk menghadapi YCR di Donggala ini. Fisik saya jaga. Motor sejak seminggu lalu diprepare dengan mencari timing pengapian yang tepat dari CDI Rextor dan knalpot Criempie. Hasilnya motor yang punya daya tahan,” jelas Anis yang mengaku sebenarnya bisa dapat juga di YCR1, namun ada kesalahan yang membuatnya disalip Iskar.

Iskar pun demikian untuk merebut kelas paling tinggi yang berkapasitas 125 cc. Katanya, tidak mudah menjinakan mesin 125 cc dibanding 110. Kesalahan sedikit akan berpengaruh banyak pada konsitensi setiap lap. “Fisik juga harus siap atau prima untuk membawanya di lap yang banyak. Kebetulan di tim saya, wajib melakukan olah fisik teratur. Itu modalnya,” kata Iskar yang dari posturnya memang kering alias gemar olahraga. Timnya juga seminggu sebelumnya mengirim sokbreker Ohlins ke Ohlins Indionesia di Jakarta untuk disesuaikan dengan bobot dan karakter Iskar.

Sebenarnya, kedua joki dari Sulsel itu dapat perlawanan dari pembalap tuan rumah alias Palu, Sulteng di dua kelas. Di YCR2 ada Jr Deden  dari Yamaha Akai Jaya BAF BJM.

“Persiapan kami tidak kalah matang, sebab tim ini jadi penyelenggara sekaligus tuan rumah YCR pertama kali di Sulteng. Tapi memang masih kalah jam terbang. Artinya harus lebih siap di semua balap diikuti, bukan hanya di Donggala ini,” jelas Indra Gunawan, manajer Yamaha Akai Jaya dan pentolan main dealer Yamaha di sana yang namanya sama dengan timnya.

Anis pembalap berusia 23 tahun asal Pare-pare, Sulawesi Selatan  telah malang-melintang di region 5 sejak 2008. Sudah semua kelas di region itu yang dijuarainya. Sama dengan Iskar. Bedanya, si Iskar masih 18 tahun dari Sidrap yang juga kota di Sulsel.  Potensinya masih panjang ke depan. Rzk

BACA JUGA

Hasil YCR Donggala, Palu, Sulteng, 18 – 18 Oktober 2014

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Palu: Kualifikasi Bebek 110 Yang Ketat

YCR 2014 Palu: QTT YCR1 Orang Ambon Tercepat, Seng Ada Lawan

 

 

 

BAGIKAN