nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Jelang Sentul Kecil; Kejurnas Mini


 

ManiakMotor – Kejurnas mini dulu-dulunya adanya di Yamaha Cup Race (YCR). Karena saat itu, lebih dari separuh penunggang Yamaha juga penguasa kejurnas balap motor Indonesia, juga aktif di YCR.  YCR tahun ini sama saja bentuknya tapi lebih menekan regenerasi. Karena itu, pemain IndoPrix, tak diikutkan demi meneropongbibit yang lebih muda.  

Si kejurnas yang masih mini ini, seri tiganya tahun ini, kembali lagi ke Sentul Kecil pada 78 Juni 2014. Sampeyan bisa menonton aksi anak-anak muda berbakat tersebut. Mereka akan bermain sesama mereka. Maksudnya bibit yang dikader tanpa dicampuri pemain yang sudah sangat senior dari IP. Jadi bukan diikuti pemain kelas dua loh.

M Abidin, GM Servis dan Motor Sport Yamaha Indonesia, menyatakan, YCR sdauh dua tahun prioritasnya pada pembibitan. Entah bibit pembalap dan teknologi yang harus dikuasai mekanik lokal. “Lalu Sentul Kecil dipilih lantaran di tempat lain tak dapat izin berhubungan dengan pemilu capres. Toh sirkuit ini, bagian dari pematangan bibit di YCR, sirkuitnya permanen,” jelas Abidin.

Kelas-kelas yang disajikan di YCR juga bernuan pembibitan sejak dini seperti YCR5, YCR6 dan YCR7. Di kelas ini bahkan dari umur 9 tahun sudah ada yang ikut. Umur-umur segitu memang potensial jadi ‘macan’ saat besarnya nanti. Ya paling tidak macan Asia, hehe. Kayak kampanye capres.

Untuk kelas puncaknya tentu saja ada YCR1 dan YCR2 atau Bebek 4T Tune-Up 125 cc Seeded dan Bebek 4T TU 110 Seeded. Di dua kelas ini, sudah didengungkan peralihan teknologi dari karbu ke injeksi. Lalu, jokinya saat ini yang sedang jaya adalah Agus Setyawan dari Yamaha Yamalube RPM NHK AHRS SSS Creampie MRT.

Maka jangan lupakan persaingannya di akhir pekan ini, pastinya seru. Silakan datang lantaran tak dipungut bayaran alias gratis. Ghalib

BACA JUGA

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Kediri; Jupiter Z Ervantona Juara YCR2, Z1 Tak Muncul

 

BAGIKAN