nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Makassar: Tuan Rumah Jadi Penonton

ManiakMotor – Rider Makassar betul-betul dibuat jadi penonton di negeri…eh..kota sendiri,,, selaku tuan rumah Yamaha Cup Race (YCR) seri ke-7. Buktinya di Bebek 125 Seeded alias YCR1 di sirkuit Trans Studio, Makassar, Sulsel pada 27 September malam-malam, karena namanya nite race.

Di Bebek TU110cc Wildan Goma bisa runner up, tidak demikian halnya di YRC1. Para rider Kota Anging Mamiri benar-benar ditiup rider dari kota-kota sekitarnya. Empat besar finisher ditempati Andi Mappanyuki (Pare-Pare),  Handy Tuahatu (Kendari), Iskar Hu (Sidrap), dan Anis KS (Pare-Pare).

Joki tuan rumah, Hafid JW, hanya sanggup finish ke-5. Posisi 6, 7, 8 pun ditempati pembalap tamu. Empat rider Makassar lainnya., termasuk Wildan, bahkan DNF alias gagal menyentuh garis finish. Pembalap Makassar gagal total. “Sempat jatuh, kabel elektronik putus, makanya nginjak rem pun sangat keras dan sulit,” dalih Handy.

Untungnya penyelenggaraannya terbilang sukses karena berlangsung tertib dan meriah. Tim medis pun t cekatan dan tampak kerja keras lantaran banyaknya insiden pada night race. Gairah penonton yang semarak di 110 cc pun tak terulang di 125cc. Pasalnya, figth yang terjadi hanya antara Mappanyuki dengan Handy yang sama-sama tamu. Kali ini Handy gagal jadi juara meski leading sejak awal hingga lima lap terakhir.

Versi Mappanyuki pun beda. Katanya, strateginya memang tak ingin nyerang dari lap awal. Ia biarkan Handy di depan dan manfaatkan slipstream di belakangnya dengan tujuan menghemat tenaga. Sementara Handy yang berada di depan lebih terkuras mental dan tenaganya lantaran terus dibayangi Mappanyuki. “Sebelum start saya pasang strategi itu. Saya tahu stamina Handy terkuras di lomba 110cc,” ucap Mappanyuki (19 tahun) yang lebih muda 8 tahun dari Handy.

Tak penting menelusuri versi mana yang benar. Yang penting mereka beri bukti kalau bakat-bakat balap di Sulawesi memang bertebaran sampai kota-kota kecil sputar Sulsel. Itu sebab mereka berharap bisa lebih banyak lagi balapan resmi digelar untuk mengurangi aktivitas balap liar yang kerap jadi berita buruk di siaran televisi. Andro

BACA JUGA

Hasil Lomba YCR Makasar, Sulsel, 26 – 27 September 2014

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Makassar: Senior vs Yunior, Menang Yang Tua

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Makassar: Trek Teknikal, 850 Meter, 9 Tikungan

Yamaha Cup Race Makassar: Night Race Dengan Nuansa Mall Plus Angin Pantai Sopoi-Sopoi

BAGIKAN