nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Medan: Layout Sirkuit Polonia, Starter Banyak


 

ManiakMotor – Sirkuit eks bandara Polonia, Medan, punya lay-out semi permanen. Namanya juga eks bandara. Bila ditelusuri mirip-mirip dengan Kemayoran yang juga eks lapangan terbang. Kemayoran pernah jadi tolok ukur balap motor nasional, karena karakternya tak kalah dengan sirkuit permanen. Malah unggul pada lintasan yang pori-porinya dibikin buat pesawat yang juga pakai ban slick, hehe. Ngegrip.

Semoga di Medan, Sumatera Utara juga begitu. Apalagi sudah digunakan Yamaha Cup Race (YCR) yang berlangsung 16 – 17 Agustus di sana. Dari desainnya banyak rolling speed.  Total 1,1 km dan lebar minimum 8 meter dengan 11 tikungan. “Lintasan ini oke. Mudah-mudahan rutin  digunakan pembalap Medan dan Sumut khususnya,” bilang Firman Farera dari Yamaha Yamalube RPM NHK Creampie AHRS) yang berdomisili di Medan.

Firman di kualifiaksi Sabtu 16 Agustus tercepat. Katanya ban yang pas di Polonia MP27. Kebetulan doski menggunakan suspensi Ohlins di belakang. Komposisi kaki-kaki itu mudah disetting di Polonia. “Sama juga, om. Saya pakai MP27 dan Ohlins. Enak saat digunakan pada posisi gantung gas,” timpal Tommy Richardo Orlando (Yamaha Suhandi Padang 88 NHK) yang tercepet di YCR 3 saat qtt.

Firman dan Ricardo mewakili 128 starter yang ikut YCR Medan ini. Jumlah itu melonjak di banding tahun lalu. Maklum, YCR di Medan sudah ngetop. Begitu ada jadwal, peserta langsung menyerbu balapnya. Ya mereka minta mendaftar.

Karena Medan selalu dapat seri wajib YCR. “YCR harus selalu ada di setiap pulau dan Medan merupakan kota terbesar di Sumatera, makanya jadi perioritas. Selain itu, pebinaan buat pemula. Saat ini di Medan kebanyakan seeded, bila YCR sering ke sini akan muncul regenerasi,”  bilang Supriyanto Manager Motorsport Yamaha Indonesia, sembari bilang YCR Medan semakin istimewa  karena bertepatan dengan HUT Republik Indonesia (RI) ke-69.

Karena itu, Minggu 17 Agustus klub-klub motor Yamaha akan ikut upacara bendera di Polonia. Tepatnya sebelum race to race YCR dilangsungkan. Trisya

BACA JUGA

Hasil YCR Medan, Sumut, 16 – 17 Agustus 2014

Jelang Yamaha Cup Race 2014 Medan: Sirkuit Di Eks Bandara Polonia

 

BAGIKAN