nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Medan: Pembinaan Di Bawah 16 Tahun

ManiakMotor – Pemula terutama rider muda di bawah 16 tahun di Sumatera Utara (Sumut) relatif kurang. Pemula di Medan lebih sedikit dibanding pasukan seeded. Maka lewat Yamaha Cup Race (YCR) 2014 yang digelar di sirkuit eks bandara Polonia, Medan, pada 16 -17 Agustus, digalakkan pembinaan mereka yang masih ABG.

Caranya di YCR seri 4 ini banyak dibuka kelas pemula. Dari total delapan kelas di YCR, ada enam kelas untuk mereka. Khusus YCR5 atau Bebek STD 125cc Lokal  Sumut, Riau, Aceh dan YCR6 atau Jupiter Z-1 STD Lokal  Sumut, Riau, Aceh yang ada pelatih yang ditunjuk Yamaha Indonesia.

Pelatih ini  diambil dari yang setara. Lalu yang ditunjuk R Fadhil, pembalap MotoPrix dan IndoPrix. “Yang diajarkan juga basis seperti yang saya miliki. Misalnya gaya hidup soal disiplin menjaga fisik, itu yang paling penting. Jika itu diurus, selanjutnya lebih mudah menerapkan gaya balap, cara memilih racing line dan mendata sirkuit yang gunanya untuk bekal  set-up motor,” kata Fadhil.

Supriyanto, Manager Motorsport Yamaha Indonesia, bilang, semakin banyak kelas yang dibuka untuk pemula, pembibitan akan jalan. Katanya selama ini balap motor hanya melihat yang sudah jadi dan umumnya ada di seeded.  “Sehingga promotor lupa inovasi kelas-kelas pemula. YCR-lah yang memulainya, terutama kelas di bawah 16 tahun,” kata Supri yang ditambah Yanto jadi Supriyanto dari lokas YCR seri 4 di Medan.

Itu juga didukung Ketua Umum IMI Sumut yang bernama Ijek. Bagi dia, ada yang datang dengan niat mengembangkan balap motor, ya harus dibantu, disokong dan didorong. “Salah satunya dengan sirkuit eks bandara Polonia ini. Dari desain di YCR ini, tidak kalah dengan sirkuit permanen yang pas buat pembibitan kaula muda,” timpal Ijek.

Ya semoga tumbuh negerasi baru pembalap  menggantikan Firman Farera dan kawan-kawan dari Sumut. Macam Zaldi Zymbaliz (Medan) tim Yamaha Yamalube RPM NHK Creampie AHRS SSS MRT yang mengaku terbantu adanya kelas-kelas pemula. Di YCR5 Zaldi juara keempat. Apalagi YCR6 dan YCR7 (Mio GT STD Pemula Lokal Sumut, Riau, Aceh), motornya di fasilitasi dari Yamaha sebanyak 20 unit dengan bbm gratis. Trisya

BACA JUGA

Hasil YCR Medan, Sumut, 16 – 17 Agustus 2014

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Medan: Layout Sirkuit Polonia, Starter Banyak

Jelang Yamaha Cup Race 2014 Medan: Sirkuit Di Eks Bandara Polonia

BAGIKAN