nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Purwokerto; Z1 Injeksi Dengan AFR Tester Juara YCR1!

 

ManiakMotor Injeksi ‘karya’ lokal mulai bertaji. Tuh, Fedri Efendi rider tim Yamaha Yamahalube NHK Ridlatama kuasai YCR1 (Bebek Tuneup 125 cc Seeded). Tepatnya di seri pertama Yamaha Cup Race (YCR) Purwokerto, Jateng di sirkuit GOR Satria, Minggu 19 April.   Fedri di QTT kemarin ketiga. Padahal Fedri melawan Jupiter Z karbu yang tak kalah kencang, loh.

Fedri  menyodok dan duel dengan Sulung Giwa (Putra Anugerah NHK KYB SSS Ardians Creampie). Si Sulung yang digantikan Fedri di Ridlatama tahun ini. Adegan saling overtake ini berlangsung lumayan lama. Bagi ribuan penonton di GOR Satria, itu hiburan.

Di belakang Fedri Vs Sulung, menguntit Agus Setyawan (Yamaha Yamahalube RPM NHK AHRS SSS Creampie MRT). Agus yang asli Solo itu tercepat di QTT kemarin. Sayang, separuh lomba, motornya mogok. “Rasio rontok, mestinya bisa bersaing di tiga besar,” kilah Agus.

Itu lombanya. Paling utama seperti apa setting Z1 oleh Widya Krida Laksana selaku kiliker Z1 pasca motoprix Sentul lalu. Ini sekaligus membuktikan bahwa performa Z1 ini naik 30% dibanding Sentul. “Saya hanya mencari power mesin, sebab injeksi hanya pendukung, tenaga lebih penting,” sebut Gendut sapaan akrabnya seraya menyebut naiknya performa mesin diutak-atik dari ketebalan shim klep.

Settingan injeksi yang digunakan Gendut hanya pakai AFR (air fuel ratio). Menurut Gendhut dengan alat ini dia bisa melacak apakah perbandingan campuran udara dan bahan bakar sudah ideal. “Injeksi itu sistemnya sudah canggih. Komposisi tepatnya bahan bakar dan pembakaran tak lagi sekedar feeling. Semua telah  terukur, alat deteksi AFR ini sangat membantu,” rinci Gendhut seraya menyebut AFR tester tersebut berlabel Innovate produk Amerika dengan harga 4 juta-an. 

Apa yang dipikirkan Gendhut boleh jadi simpel, apalagi doi mengaku belum lama belajar injeksi.  Gendut sederhana saja berpikirnya. Percuma pakai injeksi, bila mesinnya loyo. Jadi ia hanya konsen untuk mendongkrak performa mesin. Sedang injeksi dengan ECU-nya sifatnya membantu. Ardel

BACA JUGA

Hasill Lomba YCR Purwokerto, Jateng, 19 – 20 April 2014

Yamaha Cup race (YCR) 2014 Purwokerto; Menebar Sukses Injeksi IndoPrix

Yamaha Cup Race (YCR) 2014; QTT Tercepat Jupiter Z1 Pakai ECU KXF250, Karya Lokal

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Purwokerto; 150 Starter, Perang Z1 Injeksi!

 

BAGIKAN