nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; QTT Luar Jawa, Penentunya Curi Angin

ManiakMotor – Nih jaminan ramai. Tuh Final Yamaha Cup Race (YCR) diikuti 143 starter (89 pembalap). Mereka telah memulai pamunkas YCR tahun pada Kamis 12 November 2015 di Sentul International Circuit (SIC), Bogor, Jabar. Pembalap-pembalap terbaik squad Yamaha dari beragam region yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali sudah memperlihatkan wajah-wajah mereka yang tampan.

Itu rider-rider terbaik yang terjariing dari  6 seri  YCR yang digelar di Aceh, Padang, Purwokerto, Pati, Tasikmalaya, dan Cirebon. Masih ditambah jawara MotoPrix (MP) dari region Bali dan Kalimantan, “Kalimantan tak ada seri YCR, tapi prestasi kami dihargai lewat MP. Hadir di Sentul untuk belajar sekaligus menakar kekuatan mekanik dan pembalap,” lantang H. Suparto, pemilik tim Reny Abadi KYT AHRS MBKW2  KONI Kukar (Kaltim) dengan pembalap andalan Tomy Salim.

Serupa yang dibicarakan Ngurah AW yang bicaranya tak putus-putus saat diajak bicara. Pemilik tim Yamaha Yamalube Rosiana NHK FDR Up Next dari Bali itu, menganggap final YCR sangat penting. “Selain berkompetisi juga silaturahmi dan berbagi informasi persiapan musim depan,” ujar Ngurah yang dari namanya memang asli Bali. Ia dikawal mekanik Ari Vreinz yang dikenal di arena trek lurus juga.

Final YCR kali ini begitu special. Bisik-bisik trend tahun depan boleh terbaca di sini. Apalagi dengan Yamaha yang akan memantenkan yang dikontrak wajib pakai injeksi. “Kalau tahu lebih awal, kan lebih siap,” tambah Ngurah.

Paling tidak mereka boleh tengok  limiter ECU yang diset-up Merit. Merit mematok 14.400-14.500 rpm untuk bebek 125 cc pada 120-130°C. “Part racing yang mendukung tidak ada masalah dengan daya tahan,” bilang Waskito ‘Merit’ Ngubaini (Yamaha RPM) dengan andalkan ECU Vortex seraya menunjukan data pada Mychron IV.

“RPM memang bisa dibuat lebih tinggi, itu lantaran  Z-1 sudah sangat kuat. Tinggal nanti disesuaikan dengan karakter yang diinginkan rider, apakah mengutamakan putaran mesin atau torsi. Semua tergantung juga dengan gaya balap mereka dan tentu saja sirkuit,” timpal Mlethiz MBKW 2 yang mengawal 3 tim, Yamaha Trijaya, Yamaha Akai Jaya dan Reny Abadi.

Hasilnya? Sesi Fee Pratice 1 dan 2, Z1 mendominasi. YCR1 (underbone 125 cc seeded) ada Z1 Syahrul Amin (Yamaha Bahtera Racing), dan YCR3 (underbone 125 cc pemula) pada Z1  Ahwin Sanjaya (Yamaha Tri Jaya). Sayangnya, di sesi QTT (Qualifying Time Trial) justru didominasi 5TP (YCR 1-4).

Menariknya lagi, sesi kualifikasi pada Kamis 12 November ini pembalap luar Jawa yang berbicara. Lebih lengkap, silahkan klik, http://maniakmotor.com/index.php/hasil-balap/10334-hasil-final-yamaha-cup-race-ycr-sentul-jabar-11-13-november-2015.  “Main di Sentul itu kuncinya di race day dan beberapa lap terakhir saja. Jadi, selain power motor juga kecerdikan pembalap pada jurus curi angin,” wanti Aldhila Eka Darma (Yamaha Putra Anugerah) yang tercepat di YCR2 atau underbone 110 cc seeded.

Oke deh! Ardel

BACA JUGA

Hasil Final Yamaha Cup Race (YCR) Sentul, Jabar 11 – 13 November 2015

Yamaha Guncang Bulan November 2015 Sentul Besar, Event “RACING DAY”

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YRA Membangun Skill Di Sentul Besar

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Jelang Final Sentul; Banyak Bocah Ikut Kelas R15!

Radiator Racing AAI Buat Yamaha R25 dan R15, Dijamin Mesin Dingin Terus

BAGIKAN