nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YCR1 Sorotannya Z1 Pada Injeksi Mekanik Lokal

 

ManiakMotor – Sorotan pada Jupiter Z1 di final Yamaha Cup Race (YCR). Bebek ini jadi wakil teknologi masa depan di balap yang sesuai dengan jualan umum. Sebelumnya Z1 yang memulai injeksi berjaya di racing Indonesia lewat tunner Jepang. Mekanik lokal siapa pun mereka, harus adaptasi. Pembalap pun dibiasakan memberikan input feeling mereka dari injeksinya atau ECU yang di dunia disebut elektronik. Karena jualan pabrikan semuanya sudah di situ, sedang balap ajang promosinya.

Sebelum cerita panjang lebar, YCR2 atau bebek 110 seeded gagal dilaksanakan di final YCR dan juaranya dari hasil QTT. Sentul International Circuit (SIC) pada Jumat, 13 November 2015 disiram hujan sangat lebat. Namun YCR1 atau underbone 125 cc seeded tetap berjalan dan jadi pertarungan sengit Z1 (injeksi) Vs 5TP (karburator). Ada 12 unit Z1 yang turun dari 31 peserta. Selain Z1 region Jawa juga ada Z1 dari region lain macam Bali dan 2 unit milik Yamaha Win Motor bersama Yamaha Semangat Motor. Ayo cemungut..!

Skor  akhir,  2-1 untuk 5TP. Podium pertama dan ketiga jadi milik 5TP karya HDS alias Hawadis, lalu podium kedua disikat Z1 Syahrul Amin sentuhan Widya Krida Laksana alias GDT. “Set-up YZ Power Tuning yakni +5 (FI) dan +2 (ignition). Posisi ini didapat karena ada perubahan pada lift kem yang lebih tinggi, 9,6 mm. Berani, karena menemukan per klep buatan Amerika yang sanggup melayaninya,” jelas GDT yang tetap memakai  durasi kem 2700 dengan bahasa injeksi. Waw…!

Seperti biasa juga saat masuk ke Sentul besar adalah kompresi yang sikit direvisi turun. Maklum, tikungan yang panjang-panjang butuh rpm lebih tinggi ketimbang torsi. Putaran mesin berubah, wajib pula diikuti reduksi atau close ratio yang jadi panjang-panjanng di Z1 Sharul yang membela Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera Racing Team tersebut.

Z1 Syahrul  tetap jadi perhatian utama, karena berkaitan dengan tulisan pembuka tadi, termasuk program Yamaha. “Musim depan semua tim pabrikan wajib dengan injeksi. Hasil final YCR ini lanjutan sukses dari Grand Final MotoPrix Sidrap lalu. Z1 karya lokal pun bisa bicara,” bilang Novi Endaryono, pemilik tim Bahtera asal Tulungagung, Jatim yang jadi tempat Sharul membalap.

Sedang karbu yang podium pertama adalah Agung Febri Ramadhan dari Yamaha Yamalube Denas FDR HR KYB AHRS YONK JAYA dan Reynaldi Pradhana (Yamaha Yamalube Bien Racing WH35 NHK FDR).  Agung yang asli Aceh itu memang  membeirkan kejutan. Ya, lumayan bisa taklukkan beberapa petarung Jawa.

Agung sendiri berdasarkan hasil kualifikasi start dari posisi ke-16. Artinya, secara power memang oke punya.  Hawadis sendiri saat dikonfirmasi membenarkan bahwa Jupiter 5TP Agung karyanya, ”Itu mesin baru,” singkat Hawadis seraya menyebut konsepnya pada ketahanan. “Main di Sentul Besar, korekan Om Hawadis memang diunggulkan. Ini sirkuit langganan setting dia,” komentar Rere alias Reynaldy Pradana dari Bien Racing yang dikabarkan musim depan berpindah tim.  Nah lo! Ardel   

BACA JUGA

Hasil Final Yamaha Cup Race (YCR) Sentul, Jabar 11 – 13 November 2015

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YCR 5-6 Juaranya Aldy Satya, Diuntungkan Bobot!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; QTT Luar Jawa, Penentunya Curi Angin

Yamaha Guncang Bulan November 2015 Sentul Besar, Event “RACING DAY”

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YRA Membangun Skill Di Sentul Besar

    

BAGIKAN