nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YCR3 Z1 Racing Pemula Sudah Jadi


 

ManiakMotor – Suhu lintasan 52°C, kelembaban 49% dan suhu sekitar 32,5°C,  jadi dasar set-up ignition 0 untuk FI  (111-222-223) lewat YZ Power Tuning pada Jupiter Z1. Berarti Z1 yang sudah jadi adanya di pemula. Pastilah  karya mekanik lokal. Di Final Yamaha Cup Race (YCR) 2015 di Sentul International Circuit (SIC) pada Jumat 13 November 2015, YCR3 atau underbone 125 cc pemula,  Z1 dikebut Wawan Wello yang disetel seperti itu juaranya.

Wawan yang bukan reporter portal ini, tapi dari tim Yamaha YSS IRC NHK YONK JAYA unggul dari 33 starter. Ini podium puncak pertama bagi pembalap Sulawesi itu bersama Z1. Juga pengalaman pertama main di Sentul Besar. Oh ya, event balap satu merek alias OMR (One Make Race) tertua di tanah air ini, seri pamungkasnya berlangsung pada Rabu hingga Jum’at (11-13/11) kemarin.  

Z1 memang punya kans di kelas ini, selain Z1 Wawan ada Z1 Ahwin Sanjaya (Yamaha Yamalube KYT TDR IRC TRIJAYA ) karya Haris Shakti Wibowo akrab disapa Mlethiz. Tapi sayang, Ahwin harus finish ke-11, sempat jatuh di lap akhir. Padahal, Ahwin yang start dari posisi ke-3 langsung pimpin barisandari lap awal hingga satu lap terakhir.  “Strateginya tidak maksa pada lap awal. Fokusnya bertahan dan masuk barisan depan, tapi push habis-habisan di lap terakhir,” ujar Wawan yang mengaku performa Z1 karya Emanueal alias Itonk kali ini memang lagi top performa.

Dengan power 23,3 dk, diakui Z1 Wawan masih pengembangan dari Z1 Racing Jepang. “Untuk piranti injeksi seperti ECU, throthle body dan injector masih pakai bawaan Jepang. Penentunya justru dari set up YZ Power Tuning dengan pertimbangan perbandingan kompresi, temperatur udara, kelembaban dan suhu lintasan,” jelas Adhi K’Bo, mekanik pendamping Itonk.

“Surprise dan puas dengan hasil balap kali ini. Dari awal YCR dan MP telah turun dengan Z1, karakter bawa motor makin ketemu ritmenya,”bilang Wawan yang juga sukses dinobatkan sebagai juara umum YCR3 tahun ini, “Penentuan juara umumnya pada total point yakni point bawaan dari region dan point final. Untuk point region diambil point tertingi yang dicapai masing-masing pembalap. Jadi bisa saja pembawa point 25 lebih dari 1 pembalap,” jelas Richard PG, koordinator YCR dari Divisi Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Eit, kejutan lain juga datang dari Anggi Setiawan ( Yamaha Yamalube Akai Jaya BAF RMS KYT MBKW2 PALU) di podium kedua dan  Aditya Anugrah (Canasta RBRT NHK FDR AHRS) di podium ketiga. Dua pembalap itu adalah petarung dari luar Jawa. Anggi region Sulawesi dan Aditya region Sumatera. Khusus Aditya, ini bisa jadi tolak ukur untuk musim depan bersama salah satu tim papan atas Jawa (seeded). Sip! Ardel        

BACA JUGA

Hasil Final Yamaha Cup Race (YCR) Sentul, Jabar 11 – 13 November 2015

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YCR1 Sorotannya Z1 Pada Injeksi Mekanik Lokal

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YCR 5-6 Juaranya Aldy Satya, Diuntungkan Bobot!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; QTT Luar Jawa, Penentunya Curi Angin

Yamaha Guncang Bulan November 2015 Sentul Besar, Event “RACING DAY”

 

BAGIKAN