nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Final Sentul; YRA Membangun Skill Di Sentul Besar

ManiakMotor – Tercatat ada 16 rider yang di bawah 16 tahun mengikuti YRA (Yamaha Racing Academy). YRA acara yang  menggali dan mengembangkan skill dari talenta anak muda yang bergabung dengan Yamaha. Dan  setiap gelaran Yamaha Cup Race (YCR), YRA juga wajib menunya.

Namun di seri final YCR yang berlangsung 12 – 13 November 2015  juga diadakan dengan  ‘jurus’ taklukkan sirkuit permanen Sentul International Circuit (SIC) alias Sentul Besar. Ya, karena final YCR tahun ini diadakan di SIC yang lintasannya 3950 meter dengan 12 tikungannya.

Bagi sebagian besar peserta,  ini adalah pengalaman perdana mereka, “Mayoritas gaya bawa mereka masih ala sirkuit dadakan, terlalu cepat masuk ke area tikungan. Justru, riding style macam itu bikin motor jadi lebih lambat,” nilai Rusman Fadhil, mentor yang dipercaya membagi ilmunya kali ini.

Bicara pengalaman, Fadhil sebenarnya belum senior-senior amat. Tapi berkat YRA dia cepat berkembang. Makanya pembalap yang memperkuat tim Yamaha TJM itu tak diragukan soal mentornya. Terlebih, tahun ini rider yang di Pra PON IX (2-4/11) lalu membela Provinsi Papua Barat itu, jadi juara nasional 150 (Kejurnas Balap Motor).

Pandangan Fadhil, coaching clinic’ di sirkuit macam Sentul Besar penting bagi rider belia macam mereka. Mereka mulai mengenal karakter lintasan yang beda dengan pasar senggol. “Materi yang disampaikan antara lain membaca racing line, teknik pengereman, jaga putaran mesin (rpm), dan perpindahan gigi di setiap tikungan,” rinci Fadhil yang sebut selain teori juga ada sesi praktik sebanyak 2 kali (tiap sesi 20 menit).

“Ilmu yang sangat bermanfaat dan menambah motivasi. Semoga bisa diterapkan untuk race day esok pada Jumat 13 November di SIC, ”nilai Rizky Dimas, pembalap yang bernaung di tim Yamaha Yamalube Kartika Junjunan. Rizky dinilai Fadhil salah satu yang potensial. Faktanya, Rizky Dimas pula yang tercepat di sesi kualifikasi YCR5.

Oke deh! Ardel    

BACA JUGA

Hasil Final Yamaha Cup Race (YCR) Sentul, Jabar 11 – 13 November 2015

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Jelang Final Sentul; Banyak Bocah Ikut Kelas R15!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Jelang Final Sentul; Lagi, Pembuktian Injeksi Lokal!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Jelang Final Sentul; Menanti Kejutan Non Unggulan!

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Seri 3 Sentul; MTR FI Cleaner, Pembersih Injeksi

Yamaha Sunday Race (YSR) 2015 Seri 3 Sentul: IRC Fasti 1 Dan RX01

BAGIKAN