nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Jelang Aceh: Makin Menantang di Trek Anticlockwise

ManiakMotor – Di mana pun Yamaha Cup Race (YCR) digelar pasti punya daya tarik. Inilah balapan satu merek atau OMR (One Make Race) yang selalu dinanti. Bukan sekedar sukses menghadirkan pembalap dan tim papan atas, juga inovasi adalah nilai pembeda di YCR.

Pun begitu dengan YCR (Seri 2) di Banda Aceh kali ini, Sabtu- Minggu (23-24/5). Sirkuit Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya, Banda Aceh, bakal jadi saksi bahwa 26 tahun perjalanan OMR Yamaha patut diapresiasi.  Apalagi, ”Bukan hanya dan promosi. Namun dengan konsep Safety, Education, Quality dan Comfort. Melalui ini kita mengajak para pecinta motorsport tanah air untuk maju bersama, baik dari segi pengetahuan balap serta perkembangan teknologi balap saat ini dan masa yang akan datang,” bilang Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Konsep yang diusung memang jadi ‘roh’ di seluruh rangkaian kegiatan di race dan non race. Pada balap, layout sirkuit adalah salah satu nilai edukasi,”Tak ada lagi tikungan putar balik atau ‘U’ turn. Dalam level balap motor mana pun sebenarnya memang tidak ada. Edukasinya adalah gigi satu hanya untuk start, melahap tikungan cukup pakai gigi dua,” terang Supriyanto seraya menegaskan bahwa dengan mengedukasi pembalap secara  benar akan meningkatkan prestasi mereka.

Tak kalah penting lagi, pembalap dan mekanik diajak untuk segera adaptasi dengan perkembangan teknologi balap saat ini. Bahwa peralihan karburator ke injeksi pasti akan terjadi (EURO 3).

“Juga mulai seri ini, free practice dimulai hari Jum’at. Dengan begitu rider dan mekanik bisa menemukan set up terbaik mereka. Kecermatan dan ketelitian mereka diuji pada pada  lintasan dengan 1100 meter, lebar 8-10 meter dan putaran berlawanan arah jarum jam (anticlockwise),” sambung Richard Putra Gunawan dari divisi Motorsport PT YIMM.  

Info lebih awal mengenai layour sirkuit macam ini  diakui oleh Ferry dari tim Majestic Palembang membantu proses adaptasi. “Ya, ini bakal jadi tantangan tersendiri bagi pembalap. Pun begitu dengan mekanik, layout sirkuitnya berbeda dengan seri MotoPrix seminggu sebelumnya. Pasti, ada penyesuaian settingan lagi,” tegas Ferry, owner salah satu tim privateer yang antusias menyambut seri YCR Sumatera kali ini.

Makanya, menarik ditunggu aksi terbaik pembalap Yamaha Sumatera pada kelas-kelas antara lain  : YCR 1 (Moped 125 cc Tune Up Seeded + Open Class),  YCR 2 (Moped 110 cc Tune Up Seeded + Open Class),YCR 3 (Moped 125 cc Tune Up Pemula + Open Class Injection), YCR 4 (Moped 110 cc Tune Up Pemula + Open Class Injection), YCR 5 (Moped 125 cc Pemula Usia dibawah 16 tahun), YCR 6 (OMR Jupiter Z1 Pemula B, Non Pabrikan) YCR 7 (Matic), YCR 8 (Moped 125 cc Tune Up Pemula (lokal), YCR 9 (Moped 110 cc Tune Up Pemula (lokal). Ardel

Baca Juga

YCR 2015 Seri 1 Purwokerto: YCR 5-6, Mario SA Vs Wahyu Nugraha, ‘Titisan’ Juara!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Purwokerto; Nih Pembalap Terkuat Seri Pertama

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Purwokerto; Final YCR1, Injeksi Terbukti Lagi!

BAGIKAN