nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Tasikmalaya (Seri 4), Tahun ke -26, Edukasi Panjang Pembalap Muda

ManiakMotor – Ada 130 starter telah hadir di sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jabar (25/4). Para pembalap top tanah air itu ada dalam rangka ikuti Yamaha Cup Race (YCR) seri 4. Dari lokasi lomba telah berlangsung sesi latihan resmi yang kemudian dilanjutkan kualifikasi (QTT).

Pada sesi latihan, beberapa pembalap mengakui masih mencari settingan terbaik, itulah gunanya ada sesi latihan bro. Mekanik menyetel motor, pembalap menyetel dirinya sembari menyatukan pikiran dengan otak mekanik. Tujuannya agar motor menyatu dengan mereka.  “Mudah-mudahan dengan tiga kali latihan dan sekali QTT, set-up motor bisa ketemu,” doa Doohan Akbarruzaman dari Yamaha Optimax NHK.

Bisa terpantau dari catatan waktu. Time ini bisa dibandingan dengan MotorPrix (MP) lalu di tempat sama. Ambil contoh, Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin Bahtera RT). Z1 yang digebernya  masih bermain di 53.8 detik. Saat MP dengan layout sirkuit yang sama bisa tembus 53.3-2 detik. Jadi, ini harus dilacak dengan namanya latihan. 

Bicara YCR sendiri, jelas balapan satu merek tertua di Indonesia, “Ini tahun ke-26. Misinya adalah ajang talent rider dengan value, edukatif, comfort dan safety. Bukan sekadar lomba tanpa makna. Memang ada nuansa promosi, tapi edukasi pada pembalap dan mekanik paling utama,” ujar Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).  

Di seri 4 YCR ini pemula mendominasi dan menyebar di kelas YCR3 (20 starter), YCR4(29 starter), YCR5 (29 starter) dan YCR6 (18 starter). Itu indikasi kuat, regenerasi berjalan di YCR. “Kuncinya edukasi. Melalui Yamaha Racing Academy (YRA), pembalap bertalenta diarahkan dengan materi teknik balap dasar. Pastinya, kontinu bukan insidental. Layout dan pemilihan sirkuit juga dalam konsep edukasi dengan mengedepankan safety,” tambah s Supriyanto seraya menjelaskan bahwa lewat YCR ini juga pembalap akan dijembatani ke level berikutnya baik nasional maupun international.

Mainkan! Ardel

BACA JUGA

Yamaha Cup Race (YCR) Tasikmalaya: Buktiakan Motor Injeksi Yamaha Tangguh

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Jelang Tasikmalaya: Silaturahmi di Balap Bergengsi!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Jelang Tasikmalaya: Silaturahmi di Balap Bergengsi!

Yamaha Cup Race (YCR) 2015 Jelang Tasikmalaya (Seri 4); Tanding Ulang, Injeksi Vs Karbu!

ARRC 2015 Suzuka: Yamaha Factory Racing Indonesia Yakin Juara

 

 

BAGIKAN