nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2016: Kado Istimewa Sulung Giwa Buat Ultah Tulungagung

Road race, YCR, Yamaha, Tulungagung

ManiakMotor – Lokal hero Sulung Giwa telah memberi kado istimewa bagi Tulungagung yang tengah merayakan HUT ke 811 tahun dengan memenangi final  YCR 1 atau moped 150 cc TU seeded. Ini salah satu kelas bergengsi di Yamaha Cup Race (YCR) seri 2 di Sirkuit Lembu Peteng, Tulungagung, Jatim (20/9). Sulung start dari posisi ketiga langsung merengsek ke posisi pertama lepas dari R1. Posisi terus dipertahankan sampai finish (25 lap).

Road race, Yamaha, YCR, Tulungagung
Sulung Giwa melakukan wheelie untuk selebrasi kemenangannya

Menarik dicermati adalah bagaimana kiprah Wilman Hammar dalam kemenangan Sulung. Seperti yang dibilang Orin Sugawa (race commentator), Willy ‘sukses’ mengatur ritme balapan. Ya, sampai lap ke-19, Willy Hammer-begitu sapaan akrab pembalap asal Pinrang, Sulsel berperan sebagai ‘play maker’. Maksudnya, bertugas menahan laju pembalap lain, guna memberi kesempatan pada dua team mate-nya Di Yamaha Bahtera, yakni Sulung Giwa diposisi pertama dan Dicky Ersa diposisi kedua.

Jadilah, trio satu tim yang memang asli Tulungangung itu mengusai jalannya lomba hingga lap ke-19. Sementara di belakang ketiganya, ada  Aldhila Eka Darma dan Tommy Salim dari Yamaha Putra Anugrah.

Tapi startegi itu mulai terganggu masuk lap ke-20. Aldhila Eka Darma berhasil overtake Willy di tikungan putar balik (R7) dan berada di posisi kedua setelah Dicky Ersa alami trouble engine. MX King Dicky overheat,”Sulung terlalu lama nahannya, jadi overheat,” bilang Novi Endaryono selaku komandan tim yang seolah membri isyarat kalo memang ada startegi tim order.

 

Roadrace, Yamaha, YCR, Tulungagung
Podium YCR1

Tapi apes bagi Aldhila, gantian MX Kingnya yang bermasalah. Kesempatan ini coba diambil oleh Yoga Adi Pratama (Khevalindo Waloja). Alhasil, sampai finish dengan urutan Sulung-Willy dan Yoga. ”Ini momentum yang baik untuk bangkit. Power MX King garapan Om Merit siap bicara lagi,”ujar Yogi yang sejak seri YCR ini resmi bergabung dengan Khevalindo-Waloja. Mantap! Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Cup Race (YCR) Seri 2 Tulangagung, Jatim 19 – 20 November 2016

BAGIKAN