nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2016 Tasikmalaya: 119 Starter, Penonton Membludak, Aksi Z1 Padang!

ycr-tasik-2016-1

ManiakMotor – Balap one make race Yamaha memang selalu hidup, hidup Yamaha Cup Race (YCR). Macam YCR di Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jabar, dihidupkan 119 starter yang acaranya Sabtu-Minggu (10-11/12) ini. Hingga berita ini dilaporkan, para pembalap yang mengikuti 9 (YCR 1-9) kelas yang dilombakan telah melakukan sesi latihan bebas dan kualifikasi.

YCR Tasik 2016
Tim reguler bertambah

Dibanding seri sebelumnya di Tulungagung, Jatim lebih sedikit dari kategori lokal matik. Padahal matik di Jabar terkenal ramai loh, “Terpenting kelas reguler ada peningkatan dari awal seri hingga final ini. Kelas reguler yang dimaksud, adalah kelas wajib open dan pemula. Bahkan, hadir peserta dari Sumatera, Kalimantan dan Bali,” ujar Robby Winaldi dari Divisi Motosport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Yang diharapkan panitia di seri Tasik ini, soal pengunjung akan setara Tulangagung yang mencapai 15 ribu pasang mata. Jujur saja itu prestasi tersendiri dari YCR dan mungkin balap di sirkuit dadakan yang terjadi 5 tahun terakhir. Sudah jarang penonton yang membludak seperti itu. “Strategi menghimpun pentonnya juga menggunakan taktik yang sama seperti Tulunganggung. Doakan saja Minggu penonton kembali banyak. Karena dengan penonton, promosi akan epektif untuk YCR,” tambah Robby.

Jupiter Z1 dari Padang
Jupiter Z1 dari Padang

Penonton datang juga banyak manfaatnya, karena tim-tim luar Jawa akan berubut semakin di depan dengan tim papan atas Jawa macam Bahtera Racing, Putera Anugerah, SND Racing, Khevalindo dan sebagainya, “Jangan remehkan juga kekuatan tim privateer seperti kami. Ini seri pamungkas, saatnya unjuk diri. Target podium,” ujar M. Chafid komandan Semoga Abadi (Tulungagung) dan Robert punggawa Shakespeare (Lamongan). Keduanya adalah wakil tim privateer dengan prestasi ‘menggigit’.

Juga hadirnya pacuan terbaru tim Canasta RBRT (Padang) yakni Z1 (YCR2). “Ini spek terbaru untuk musim depan. Hasil dyno sementara sudah 25 HP. Misi uji coba daya tahan dengan throttle body punya MX King,” ujar Hari Pusaka, tuner yang dipercaya tangani salah satu andalan Yamaha di Sumatera itu.

Kita tunggu saja! Ardel