nhk

Yamaha Cup Race (YCR) 2017 Solo (Final): GHP Juara WSS 300 Bukti Pembinaan Yamaha

YCR CC Solo 2017 Galang-A
Galang dan Rey memberikan ilmu pada talenta muda

ManiakMotor – Dulu sekali, setiap ada Yamaha Cup Race (YCR) selalu ada kalimat ‘menuju pentas dunia’. Dulu boleh dicibir. Tapi sekarang, hasil pembinaan YCR ada fakta Galang Hendra Pratama (GHP) yang boleh juara seri WSSP300 Jerez, Spanyol. Bukan sekadar juara, tapi podium ke satu dengan perjuangan ala balaoan kelas duni yang skill-nya pakai otak.

Galang sendiri kembali berbicara soal itu pada di depan 36 rider yang mengikuti coaching clinic (CC). CC ini dalam rangkaian kegiatan di seri final Yamaha Cup Race (YCR) yang berlangsung di sirkuit GOR Manahan, Solo, Jateng (25/11). Bersama Rey Ratukore, GHP didaulat berbagi ilmu, motivasi dan inspirasi dari rider belia yang ikut bertarung di kelas YCR5 (150 cc), YCR6 (125 cc) dan YCR9 (lokal).

“Sebelum ke level dunia, awalnya berkompetisi di YCR. Ajang tepat untuk pembinaan mental dan keterampilan. Apalagi ada sesi coaching clinic seperti ini, menimba ilmu dan pengalaman dari senior,” ujar GHP seraya tegaskan disiplin hidup, latihan fisik, dan menjaga attitude sebagai kewajiban pembalap professional.

 

Menuju pentas dunia

GHP lantas bercerita bagaimana pengalamannya bisa podium pertama di WSSP300 Jerez, ”Pengetahuan tentang sirkuit yang dihadapai itu penting, sebagian dari info tentang itu  didapat dari pengalaman bermain Play Station (PS),” ungkap GHP yang musim depan dipastikan ikut full seri WSP300.

GHP pembalap jaman now binaan Yamaha Indonesia yang bisa berlaga di pentas dunia. “OMR tahun ini masuk tahun ke-27. Yamaha tetap konsisten memberikan kesempatan pada talenta muda menggapai mimpi main di level dunia. Itu sesuai dengan Tema Reach The Dream yang diusung YCR tahun ini,” sahut Kadek Suma dari Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Mimpi itu haruslah diikuti dengan prestasi, ”Banyak faktor untuk mencapai prestasi. Skill boleh jadi modal, tapi bukan itu satu-satunya. Salah satu basic skill adalah riding style dengan mempertimbangkan faktor kenyamanan. Posisi kaki dan tangan penting untuk dapat kenyamanan, makanya selama sesi latihan harus dimaksimalkan sampai dapat kenyamanan,” saran Rey yang bertarung di AP250 (ARRC). “Kondisi trek Manahan  yang stop and go harus kasih input yang tepat pada mekanik biar bisa nyaman seperti set-up suspensi,” kata Rey.

Nah, salah satu peserta coaching clinic yang konstan ikut full seri musim ini adalah Wahyu Nugroho asal Boyolali, Jateng. Skill terus terasah, mental bertambah prestasi juga oke. Kabarnya, musim depan rider belia yang juga adik kandung dari free styler kondang Wawan Tembong udah diminati tim pabrikan,”Belum ada tanda tangan resmi, tapi udah ada pembicaraan serius untuk musim depan,” bilang Wawan, freestyler terbaik Asia yang juga jadi manager si adik.

Di antara peserta lain ada juga Nicky Hayden,”Lengkapnya M. Nicky Hayden, inspirasinya saat Nicky Haden juara dunia 2006. Ini adalah event perdana ikut dibalap nasional, makin termotivasi ada sesi coaching clinic,”ujar ortu dari M. Nicky Hayden (10 tahun) salah satu peserta yang menarik perhatian. Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Cup Race Solo, Jawa Tengah 25 – 26 November 2017

BAGIKAN