nhk

Yamaha Cup Race (YCR) Padang; Banjir Lokal Hero 168 Starter, Gengsi Jagoan Lokal!

 

 

ManiakMotor – Pembalap lokal alias local hero memang jadi sasaran Yamaha Cup Race (YCR). Karena itu, YCR ingin seluruh Indonesia tahu balap, bukan balap tahu, tahu rasanya balap agar muncul bakat potensial. Itu namanya  pembibitan yang kuat dari rema-remaja lokal. Macam YCR Padang, Sumatera Barat, ada  168 starter yang betot gas  di sirkuit Lanud, Tabing (23-24/8).

 Ingat ya kendati status YCR Padang region Sumatera, lebih dari setengah pendaftar pembalap Sumbar pada sembilan kelas yang dilombakan. Mereka tersebar di empat kelas lokal  yakni  YCR 6 (Jupiter Z1 Standard Pemula Sumbar), YCR7 (Mio GT Tune Up Pemula Sumbar), YCR8 (Matic Standard 115 cc Pemula) dan YCR9 (Matic Standard 130 cc Open).

Pembinaan dan pembibitan rider lokal lewat YCR tidak hanya di tingkat nasional tapi juga YCR daerah. “Yamaha dalam menyelenggarakan pembinaan balap dimulai dari daerah. Lalu mereka akan  menuju level nasional lalu internasional,” jelas Supriyanto, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia seperti melapal struktur penting balap motor dari klub event, OMR, kejurda, kejurnas dan internasional.

Di Sumbar ada tiga seri YRC. Seri pertama tahun ini dilakukan 1 Juli lalu di Payakumbuh diikuti pembalap-pembalap Padang, Jambi, Pekanbaru. Seri 2 September nanti di Painan dan seri 3 Oktober di Muaro Sijunjung. Nah, rider  yang berlaga di YCR lokal juga ambil bagian di YCR nasional seri 5 yang sedang berlangsung ini. Seperti biasa, hari ini (Sabtu, 23 Agustus) telah dimulai babak kualifikasi alias Qualifying Time Trial (QTT).

Jagoan tuan rumah bukan berarti jago kampung, mereka harus jadi bintang di depan publiknya. Hasilnya, banyak yang ciek-duo, maksudnya  satu dua.  Pembalap lokal  pole position di-4 kelas utama, YCR 1 – YCR 4. Risky Yoanda (Yamaha Yamalube Denas FDR HOUR AHRS) pole YCR 1 (Bebek Tune Up 125 cc Seeded) dan YCR 2 (Bebek Tune Up 110 cc Seeded). Juara MP3, MP4 tahun ini Tommy Richard Orlando (Yamaha Suhandi Padang 88 NHK) pole YCR 3 (Bebek Tune Up 125 cc Pemula) dan Aditya Nugraha juara umum kelas Pemula YCR Medan pekan lalu, start terdepan YCR 4 (Bebek Tune Up 110 cc Pemula). Mantap!

Menyoal lintasan beton, Tammy Pratama, pembalap IndoPrix (IP) dari tim Yamaha Yamalube SND KYT FDR (Bandung) yang ditunjuk sebagai instruktur  pembalap pemula membagi trik siasati lintasan beton. “Prinsipnya tipe ban apa pun, lintasan beton memang bikin grip ban lebih menurun dibanding aspal. Harus pintar gantung rpm dan racing line luar-dalam-luar. Tujuannya untuk kurangi slide ban belakangs. Buka gas-nya juga harus benar-benar smoot, jangan lupa settin g suspensi depan-belakang yang maksimal,”bilang Tammy.

Oke deh! Ardel

BACA JUGA

Hasil Yamaha Cup Race (YCR) Padang, Sumbar, 23 – 24 Agustus 2014

Yamaha Cup Race (YCR) 2014 Padang; Balap Urang Awak, Bersilek Di Lintasan Beton!

 

 

BAGIKAN