nhk

Yamaha Endurance Festival 2018 Sentul: Sensasi Balap Ketahanan “Le-Mans Style”, Manjakan Konsumen

ManiakMotor – Pabrikan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terus memanjakan rekan-rekan komunitas. Berakhirnya 4 seri Yamaha Sunday Race 2018 bukan berarti, penggemar sport tipe R Yamaha masih tetap punya kegiatan. Mereka diajak lagi untuk sensasi endurance atai ketahanan pada 29-30 September 2018.

Tajuk eventnya Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit sentul, Bogor. Balapan ini  terinspirasi dari Suzuka 8 Hours. Balapan berdurasi 1 dan 2 jam ini diklaim pertama kali di Indonesia. Balapan ini menggunakan sistem start “Le-Mans Style” (FIM EWC) dengan cara berlari kencang menuju motor yang diparkir di seberang peserta.

“Satart Le-Mans Style unik, rider berdiri di samping trek sirkuit bersebrangan dengan motor mereka. Motor telah disusun sesuai dengan hasil grid position, dan ketika lampu start padam dan sirine menyala para rider langsung berlari ke sepedah motor lalu menaikinya dan menghidupkan mesin. Konteks ini merupakan langkah inovatif karena event tersebut baru pertama kali dilakukan,” terang M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sambil bilang manajamen waktu untuk pengisian bahan bakar yang harus masuk area paddock (out of the fuel).

Sehubungan pengkategorian seorang rider, apakah kelompok Comm Pro, Comm A ataupun Comm B, Yamaha memiliki data yang valid dan aktual berdasarkan gelaran Yamaha Sunday Race 2018. Jangan diragukan lagi karena memang Yamaha sudah mengkomunikasikannya dalam 4 tahun perjalanan Yamaha Sunday Race.

Balap ketahanan ini punya regulasi teknis cederung dengan perfoma mesin standar pabrik.  Yaitu Open Class 250 cc (2 hour) yang wajib menempuh 2 jam. Kelas ini terbuka untuk pengguna Yamaha YZF-R25. Boleh diikuti pembalap Profesional ata dari komunitas (Community). Syarat pesertanya bisa sesama rider Profesional ataupun kombinasi rider Profesional dan Comm Pro Rider, juga bisa sesama rider Comm Pro. Ya terbuka!

Kemudian kelas Community 250 cc (1 hour). Kalau yang ini buat rider Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B. Terakhir ialah kelas Community 150 cc (1 hour) yang diperuntukkan untuk Comm A dan Comm B ataupun sesama petarung Comm B dengan motor Yamaha YZF-R15.

Dikarenakan balap ketahanan ini pertama kalinya, peserta diminta angkah edukasi akan dilakukan pada Jumat (28 September). Berbagai hal akan dijelaskan, termasuk adanya sesi tanya-jawab bagi yang belum paham. Mereka akan diberikan pengetahuan mengenai tata cara start, pengisian bahan bakar dan ketentuan regulasi area pit lane yang akan dijelaskan oleh tim Race Direction dan Race Advisor.

Selanjutnya, pada hari Sabtu (29 September) mulai melakukan sesi latihan bebas dan kualifkasi. Untuk racenya pada Minggu, 30 September. Total hadiah Yamaha Endurance Festival 2018 ini mencapai hingga Rp. 122 juta. Tiap kelasnya akan diapresiasi hingga 10 pemenang.

Pada sisi lain, perhatikan Yamaha Endurance Festival ada disisipan Festival. Itu adalah hiburan dan games. Termasuk kompetisi aerobik keluarga, futsal dan slow riding bagi komunitas. Puncaknya pada hari Minggu (30/9) hadir penampilan spesial dari grup band papan atas, Armada yang sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Tidak ketinggalan, ribuan hadiah langsung, puluhan alat elektronik dan apparel yang dibagikan kepada pengunjung. Program sales spesial dan racing kit market serta community gathering juga diselenggarakan. Menjelang sore hari, juga siap diumumkan pemenang door prize yang berhak membawa pulang hadiah 1 unit Lexi dan 1 unit Mio S.

Update informasi terkait aktivitas Yamaha Endurance Festival dapat di cek melalui halaman resmi www.yamaha-motor.co.id dan www.yamaharacingindonesia.co.id serta event balapan Yamaha kali ini akan disiarkan pula secara langsung melalui channel YouTube (Yamaha Racing Indonesia) dan Facebook (@yamaharacingidn). Adapun pihak sponsor yang terlibat menyukseskan Yamaha Endurance Festival 2018 ialah Yamaha, Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Motobatt, BRT Nissin dan Pertamax Turbo.

BAGIKAN