nhk

Yamaha Endurance Festival 2019 Sentul, Strategi Dua Jam Balap Dari Pro Dan Community

ManiakMotor – Peserta profesional dan komunitas punya strategi sendiri-sendiri untuk menjalani balapan 2 jam dalam Yamaha Sunday Race (YER) 2019. Balapannya Minggu 15 September 2019 di Sentul Internasional atau Sentul Besar.

Wahyu Aji Trilaksana dari HDS Racing mengaku tetap melakukan latihan rutin, karena aslinya dia pembalap profesional. Dia lebih menekankan pada ketahanan. Kalau pembalap berpasangan jadi bagi-bagi tugas fisik. Lagian satu pembalap dibatasi 10 lap dan harus masuk diganti pasangannya.

Wahyu Aji

“Jadi yang dipersiapkan durability fisik dan motornya. Kalau fisik diatur dari ritme dan mesin dari hasil latihan simulasi maka ketemu titik paling amannya. Pokoknya kedua aspek tersebut sangat penting pada YER. Saat pergantian pembalap di PIT juga sangat penting, jangan sampai kelamaan di situ,” papar Wahyu yang juga pembalap UB150 di ARRC dengan tim TKKR asal Malaysia. Wahyu berpasangan dengan JR Deden.

Sedang Yamha Bahtera Racing NHK SSS dengan andalannya Wilman Hammer mengaku mempersiapkan dirinya secara khusus, “Saya berenang dan jogging ringan. Itu bagus buat endurance, terutama mengatur nafas. Agar time setiap lap juga konstan,” timpal Willy yang terlihat memang lebih gendut.

Pembalap tertua di Pro untuk kelas Sport 250 ada Rey Ratukore yang umurnya 32 tahun. Baginya latihan sudah hal biasa. Karena saban waktu dia juga datang ke Sentul Besar untuk olah fisik, “Kalau saya harus ditambah settingan motor senyaman mungkin. Ini bisa didapat dari setelan suspensi dan ban,” kata Rey yang barusan dapat pole position untuk start Minggu. Kebetulan si Rey berpasangan dengan anak muda M. Faerozy yang juga pembalap Yamaha Racing Indonesia bermain ARRC di AP20. Jadi keduanya adalah pasangan yang serasi.

Begitupun pembalap komunitas bernama Sugiartono yang mengikuti Sport 155cc dengan All New Yamaha R15. Baginya latihan fisik sangat penting walau tidak sekeras para pembalap profesional. Sebab, mereka berada di kelas komunitas, pasti juga punya porsi latihan yang sama. Maklum, hanya balap hobi.

“Makanya lebih fokus pada settingan kenyamanan motor lewat ban dan suspensi. Juga setelan motor harus sama pas antara pembalap pertama dan berikutnya,” papar Sugiatono yang berkata keseimbangan settingan motor antara rider 1 dan 2 sangat penting. Raider

BAGIKAN