nhk

Yamaha Endurance Sentul 2018: Juara Pro Open Class 250 Didiskualifikasi, Tidak Hitung Cairan Tubuh

ManiakMotor – Seru pertarungan balap ketahanan Yamaha di Sentul International Circuit (SIC). Semua kelas memikat. Tapi strategi kentalnya ada pada Open Class 250 cc yang diikuti tim dan pembalap motor papan atas Yamaha Indonesia. Sayang, lomba yang berlangsung 30 September 2018 ini, diwarnai diskualifikasi tim besar akibat hal yang mereka tidak prediksi.

Rey Ratukore Dan Faeroz
Rey Dan Faeroz

Sial dialami pasangan Rey Ratukore dan M Faerozi yang memperkuat Yamaha Cargloss Racetech. Keduanya harus tersingkir oleh aturan. Motor yang dikebut Rey dan Faeroz dalam 63 lap dalam mutar-mutar 2 jam di sirkuit, dianggap lebih ringan dari aturan.

Rey dan Faerozi tidak mereken dari sisi motor yang hilangnya kompon ban dan bahan bakar. Kalau diakumulasi bisa menyusut beratnya juga. “Pokoknya yang didiskualifikasi, kurang dari berat aturan saat ditimbang di antara dua pembalapnya,” kata Eddy Horison yang mengatur lomba tersebut.

Willy Hammer

Praktis juara pindah pada Rafid Topan Sucipto dan Willy Hammer. Duet ini turun atas nama Yamaha IRC NHK Bahtera. Topan dan Hammer juga menyelesaikan 63 lap. Sebelum, pasangan Rey dan Faeroz kena dis, mereka tertinggal 4 detik lebih. “Syukur juara, sebenarnya strategi kami juga sudah tepat kok, terutama memelihara kecepatan dan pit stop,” kalem Topan.

Didiskualifikasi yang sama dialami pasangan Yamaha Kaboci SSS NHK, Nur Alfath dan Murobbil Fathoni. Mirip dengan pasangan Rey dan Faeroz. Ini juga beratnya kurang dari 145 kg, ketika ditimbang.

Hasil

Posisi kedua diambil pasangan pemain senior Gupita Kresna dan R.Fadhil dari Yamaha Oryza IRC Nissin. Aslinya posisi mereka keempat dengan total 62 lap. “Sebenarnya kami bisa lebih banyak lagi lapnya. Saya terlalu cari aman dengan daya tahan motor. Timing pengapian ditunda dan motor dibikin basah. Padahal bisa dicekek lagi. Tapi nggak apalah posisi kedua sudah cukup,” sebut Bima Aditya, tunner sekaligus pemimpin tim Oryza.

Namanya event pertama ketahanan, semua diambil pelajarannya saja. Sebab, kelas open ini menggunakan R25 yang biasa mereka pakai di IRS. Hanya setelan daya tahan yang lebih diutamakan. Raider

BACA JUGA

Hasil Yamaha Endurance Sentul, Bogor, Jabar 29 – 30 September 2018

 

 

BAGIKAN