nhk

Yamaha FZ450F 2018, Sarat Teknologi Canggih, Ada Wi-Fi, Tuning Pakai Smartphone

ManiakMotor – Yamaha menampilkan YZ450F MY2018 dengan banyak perubahan. Mulai dari mesin, kerangka, suspensi, bodi plus satu dosis teknologi yang mengesankan bagi penunggang baru. Pokoknya, ketangguhan yang nyaman menjadi nilai lebih dari kuda besi Yamaha ini.

Jok diturunkan dan bodi ramping, selain kenyamanan, pengendara bisa mengontrol gerak roda belakang

Tenaga penggerak berkapasitas 499 cc diklaim punya nilai tambah yang besar. Berbagai perubahan dilakukan untuk memberi dorongan yang bagus. Di antaranya, desain silinder miring ke belakang (lebih tegak) dengan kepala silinder lebih ringan dan aliran udara yang lebih baik.

banyak teknologi baru dan tidak ada kickstarter

Lalu, profil camshaft lebih agresif, poros engkol baru, desain piston “box bridge” sehingga lebih kuat dan beertekanan tinggi dengan pin piston berlapis DLC (Diamond-Like Carbon). Trus, throttle body Mikuni 44mm.

Upgrade juga dilakukan pada girbok dan kopling. Untuk MY2018 ada motor starter terletak di belakang silinder. Jadai, jika mesin mati cukup tinggal pencet tombol dan tidak ada kickstarter. Fitur baru ini didukung baterai lithium-ion ringan berkapasitas tinggi.

Mesin baru ini dipasang pada kerangka aluminium baru dengan kerangka belakang yang

Modul komunikasi untuk wi-fi

didesain ulang. Asyiknya, setup tuning mesin berbasis smartphone nirkabel dengan on-board wi-fi. Jadi, unit pengatur tenaga Yamaha Power Tuner IOS dan Android App serta unit kontrol komunikasi dapat memetakan EFI dan pengapian tanpa kabel, cukup melalui Wi-Fi system. Penyetelan bisa dilakukan di pinggir trek.

Aplikasi ini bisa memantau berbagai informasi, seperti putaran mesin (RPM), posisi throttle, suhu pendingin mesin, dan banyak lagi. Juga fungsi “log” membantu pengendara membuat catatan penting soal lokasi, kondisi trek, dan banyak lagi.

Untuk menyerap redaman dari trek bergelombang, dipasang suspensi generasi baru KYB, termasuk juga per (belakang) yang dapat disesuaikan dengan redaman sensitif kecepatan. Reservoir berkapasitas 30cc untuk meningkatkan kontrol redaman ketika melibas trek dengan jarak panjang.

Harga lebih dari Rp125 juta

Yamaha sengaja menurunklan tinggi jok 8 mm di depan (dekat tangki) dan 20mm di sepatbor belakang. Tujuannya, memberi kenyamanan saat bermanuver di tikungan dan mengontrol gerak belakang. Konon, harganya sekitar Rp125 juta saja. Maliq

 

BAGIKAN