nhk

Modifikasi Yamaha Jupiter MX (Pontianak ), Robot Kaki Tunggal

 


ManiakMotor – Setumpuk gagasan canggih ditumpah pada Yamaha Jupiter MX, selain  mau jadi robot Transformer.  Modifikasi bebek moderen  idaman konsumen pehobi motor gagah. Suspensi up-side down, mono arm, cakram diameter besar, kopling hidrolik dan paling canggih monosoknya.

Lha, bukannya asli  MX telah monosok, bro? Dasar portal katro… Iya, ya, MX tetap bebek.  

Karya MX ini datang dari Pontianak, Kalimantan Barat. Lima tahun terakhir kota itu tidak kalah soal hiruk pikuk modifikasi. Imajinasi pemodifnya mendekati builder unggulan Jawa. Contohnya, MX yang monosok ini. Ha… diulang lagi. Dari fotonya sih, modifikasinya berat. Pasti terjadi proses tukang-menukang seperti papas, las, gerinda dan pisau bubut untuk penyesuaian.

Yakin, juga butuh dana, bukan modal dengkul. Itu bikin pekerjaan jadi mudah seperti memindahkan kaki-kaki Honda NSR 150 SP pada MX. Lengan ayun tunggal ini dijaga kekuatannya dengan las pada rangka dekat rumah as lengan ayun. Karena lengan tunggal ini akan bersatu dengan sokbreker tunggal. Jadinya robot berkaki tunggal.

Diikuti roda-roda gambot. Belum lagi menjaga konsistensi tema soal robot-robotan yang penuh teknologi. Contoh kecil kopling hidrolik yang masternya penghias setang. Juga tidak berlebihan adalah jumlah rem yang jadi berlebihan. Mungkin maksudnya, kalau robotnya ngamuk, segera bisa direm pakem.

Memang ide liar kreatif. Biasanya pemodifikasi berangkat dari konsep jadi. Misalnya meniru motor Rossi, contek Suzuki B-King, Ducati atau yang sedang trend ‘warteg’ racer yang telah tesedia polanya. Lha, kalau motor jadi robot kan yang ditiru robotnya, bukan motornya. Jelas lebih butuh otak yang bikin botak.

Limbah spare-part kebanyakan Thailand ini sengaja dibikin telanjang yang bikin ngiler. Termasuk  bodi fiberglass separuh saja. Sengaja bro, agar tidak menutup seluruh bodi. Apalagi pada bagian mesin MX wajib kelihatan, karena mesinnya model tegak. Mesin ngacang kan wakil teknologi motor masa kini.

Dari tadi ketik melulu, baru ingat yang bikin adalah bengkel modifikasi  Platinum Motor di Jalan  Putri Candramidi No:64b, Pontianak, Kalbar. “Ide robot ini bukan dibikin dari kayu, pak. Tapi limbah moge terkenal mahal itu, teeerrlaaalu..! Limbah saja harganya melebihi emas,” terang Jhonny otak pemodifikasi pemilik Platinium yang asli Pontianak.

Lha, pakai emas hitam pak Jhonny. Batubara. TGA

MODIFIKASI LAIN:
Modifikasi Yamaha ‘Jupiter M1’, Pakai Otak Miring
Modifikasi Jupiter MX, Sambut Rossi Kembali Ke Yamaha
Modifikasi MegaPro, Jadi CBR 600, Masak Sih…?
Modif Kawak D-Tracker, Cuma Variasi
Modifikasi Yamaha TZR250, Retro Jepang Pak…
Modifikasi Kawasaki Ninja 250, Berpikir Terbalik-Balik


 

BAGIKAN