nhk

Yamaha Jupiter Z1 Euro3 2015 Diluncurkan, Ramah Lingkungan

 

 

ManiakMotor – Disebut ramah lingkungan pada sepeda motor sama dengan penekan gas buang yang bebas dari racun, pembakarannya bersih. Macam tahun ini pada produksi Yamaha Indonesia (YI) mulai meracik motornya yang lebih ramah lagi degan standar emisi gas buang Euro3.

Proyek pertama mereka Jupiter Z1 edisi 2015. Bebek yang juara IndoPrix di dua kelas tersebut. Menganut Euro3 sesuai regulasi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) berdasarkan Worldwide Motorcycle Emission Test Cycle (WMTC). Pakai WMTC motor bebas diekspor ke seluruh dunia, ketimbang ECE R40 yang berlaku di Eropa.

Untuk itu ECU pada Jupiter Z1 dipeta ulang lebih presisi pembakarannya dan terutama membaca sensor O2. Sedang catalic conveter penyaring racun pada knalpot dirancang ulang. Sebelumnya panjang katalis 30 mm ditambah lagi 30 mm. Volume katalis jadi naik dari 25,7 cm3 menjadi 51,4 cm3.

Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, juga menegaskan standard Euro3 banyak dikontribusi katalis knalpot. “Saringan knalpot Z1 sekarang lebih baik. Gas buangannya ramah lingkungan. Ini komitmenYamaha turut menjaga lingkungan bersama. Menunjukkan pabrikan yang peduli dan bertanggungjawab kepada masyarakat luas. Usai Z1 akan menyusul semua produksi Yamaha menggunakan Euro3, tahun ini juga,” papar Masyukur.

Standar Euro 3 karena produk-produk sudah aplikasi Fuel Injection yang aslinya juga sudah ramah. Selanjutnya Jupiter Z1 Euro3 ini  harganya tetap  Rp 14.615.000 OTR Jakarta. MM

BACA JUGA

Yamaha Fino FI 2015: Penyegaran Yang Romantis Pemanah Hati

Yamaha GT125 2015 Penyegaran Warna Dan Grafis, Temanya Gleaming on The Darkness

All New Honda Vario 150 eSP; Batok Hiu Futuristik, Kompak Dengan Kapasitas

Yamaha Xeon RC 2015; Penyegaran Grafis Racing, Harga Tetap Rp 15.5 Jeti

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353