Yamaha Kaget, M1 Berhasil Lebih Cepat Melibas Sirkuit: Hasil Nyontek Ducati Berhasil?

Maniakmotor.com — Bos Tim Yamaha MotoGP 2024, Masimmo Meregalli ungkapkan bahwa hasil pengembangan M1 mereka terbukti lebih cepat di tes hari kedua Qatar. Hal tersebut ternyata tidak mereka duga-duga.

Pada akhir tahun kemarin, kita tahu Yamaha memang baru saja membajak insinyur penting Ducati,  Masimmo Bartolini, yang pada akhirnya memulai kontrak dengan mereka sebagai Direktur Teknis. Yap,  sebuah langkah dari mereka untuk intip-intip  Desmosedici yang sedang jadi “terdepan”.

Memang, tidak jadi faktor utama satu-satunya, pada intinya apa yang telah diubah dari kuda besi Yamaha itu berhasil gaspol dibawakan oleh pembalap mereka, Quartararo dan Rins.

“Di sini, kami dapat membuktikan apa yang kami lihat di Malaysia. Semua perbaikan yang kami lakukan di sana, pada dasarnya kami lihat di sini,” ujar Meregalli, Maniak Motor kutil dari Crash pada Minggu, 25 Februari 2024.

Terdapat peningkatan pada kecepatan tertinggi yang diraih Yamaha. Disaksikan dari bagaimana Quartararo berhasil membungkus catatan waktu, 1 menit 51 detik, posisi ketiga di hari kedua Qatar. 

Begitu pun, dengan Alex Rins pada momen yang sama berhasil menempati posisi kelima. Mesin baru dari M1 2024 memudahkan mereka jadi yang lebih cepat dibandingkan tahun lalu.

Meski begitu, bos Yamaha masih realistis melihat kesenjangan posisi saat ini dengan lawan mereka. 

“Kecepatannya memang tidak buruk. Yang pasti, tidak masuk tiga besar, tapi lumayan. Khususnya di sini, dibandingkan di Sepang, jarak waktu serangan masih penting,” sambung doi lebih lanjut.

Pembalap mereka yang berhasil jadi Juara Dunia di MotoGP 2021, Fabio Quartararo, pun juga memvalidasi dengan mengatakan  hal positif dari peningkatan performa mesin M1. 

“Saya senang dengan hasil tes kemarin di Qatar. Mudah-mudahan kami bisa menemukan solusi selama musim ini. Kami masih jauh, tetapi hasilnya positif,” ucap pembalap asal Prancis tersebut.

Rekan tim doi, Alex Rins tak mau ketinggalan menambahkan,

“Saya pikir Yamaha telah meningkatkan mesinnya. Di lintasan lurus kami cukup kuat, jadi mereka bekerja dengan baik selama liburan musim dingin,” pungkas Rins.