nhk

Yamaha Kirim Mekanik di Ajang WTGP (World Technician Grand Prix) 2014

 

ManiakMotor – Skill mekanik Yamaha Indonesia (YI) akan diadu di WTGP (World Technician Grand Prix). Sebelumnya mereka diseleksi lewat ITGP (Indonesian Technical Grand Prix). Lomba memperbaiki motor secara cerdas, cermat dan cepat itu berlangsung di Jepang pada 30 September – 1 Oktober 2014.

Telah ada wakil Indonesia ke sana lewat seleksi terakhir berlangsung di Sentul International Circuit (SIC) pada 19 Agustus 2014. Para calon diuji lewat motor matik yang sudah pasti mereknya Yamaha. Mekanik yang diadu di SIC ada 24 peserta dari seluruh Indonesia. “Sebelumnya ada 12.000 mekanik yang berpartisipasi di ITGP. Tapi yang terseleksi 24 mekanik terbaik,” ucap M. Abidin, GM After Sales and Motor Sport.

Nanti tinggal satu mekanik yang akan terpilih dari 24 perserta  tadi. Aatu lainnya statusnya juara bertahan yang kebetulan dari Indonesia. Jadi ada dua yang mewakili YI. Di seleksi terakhir ini ada empat teori untuk lomba. Yakni measurement (pengukuran), customer reception (penerimaan konsumen), serta periodical inspection (service berkala) dan trouble shooting (mendeteksi masalah).

Empat item itu yang juga akan dinilai pada materi perlombaan WTGP. “Di Jepang prakteknya juga menggunakan motor matic Yamaha,” ujan Abidin. “Waktu untuk mengatasinya juga terbatas, hanya 60 menit. Berarti mekanik harus bisa mengatur emosinya,” sambung Abidin yang murah senyum, walaupun tak tersenyum kelihatannya senyum. Kan murah seyum, pak.

Pemenang tahun 2012 adalah Irvan Kurniady dari Alfa Scorpii Medan  dan tahun 2014 oleh Asep Sumpena Suryaningrat dari dealer JG Motor Bandung. Mereka berdua akan melawan teknisi-teknisi dunia lebih dari 20 negara di benua Asia, Eropa dan Amerika. Ghalib

BAGIKAN