nhk

Yamaha LMW (Leaning Multi Wheeler), Tiga Roda Cuy

 

 

ManiakMotor – Yamaha mengembangkan motor roda tiga. Nah kalau sudah disebut roda tiga, bukan motor lagi dong, hehe. Sebut saja kendaraan roda tiga,  dua roda di depan dan satu di belakang. Kedua roda depannya bisa mengikuti kontur jalan yang dipijaknya sekalipun berbeda kontur antara kanan dan kiri.

 {Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Juga selayaknya motor roda dua karena masing-masing roda bekerja sendiri-sendiri, tapi tetap dikendalikan satu sertang. Maksudnya, satu roda satu sokbreker. Beban pada suspensi akan menyesuaikan panjang-pendeknya ketika motor ini akan dimiringkan belok. Misalnya saat belok kiri, suspensi yang kanan akan memanjang dan yang kiri akan pendek karena tertekan.

Jadi kedua roda di depan akan miring layaknya motor roda dua saat belok. Bisa saja prinsif kerja  roda depannya sama dengan Piaggio MP3 yang sudah pakai duluan, cuma namanya saja berbeda. Yamaha menyebutnya leaning multi wheeler alias Yamaha LMW.

“Kami menargetkan segmen yang lebih sporty, fokus pada kemudahan dikendarai, ringan, dan dengan fungsionalitas tinggi. Jadi motor ini akan berbeda dengan sebelumnya,” kata Hiroyuki Yanagi, Presiden Yamaha.

Sebelumnya Yamaha sudah membuat semacam ini, namun hanya diperuntukan untuk jarak pendek saja. Sementara ini bisa dipakai ke mana saja asal ada BBM-nya. Saat macet tak perlu turun kaki, ya duduk saja di joknya, kan roda tiga.

Namun belum jelas mesin berkapasitas berapa yang digunakan.  Yang pasti motor ini akan nongol perdana di Tokyo Motor Show di Jepang. Motor ini akan segara dipasarkan tengah melakukan serangkaian test, seperti yang terlihat di gambar.  Adit


BACA JUGA

Yamaha SR400 2014, Tampang Persis RX-King, Edisi 35 Tahun

Beli Motor Injeksi, BBM Terasa Gak Naik Loh…!

TVS Dazz 2013, Rp 9 Juta, Launching Usai Lebaran

New Vespa 946 2013, OTW Indonesia


 

BAGIKAN