Yamaha M1 2024 Pulang dari Sepang dengan Banyak Data untuk MotoGP 2024!

Maniakmotor.com – Menurut Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Alex Rins merasa bahwa motor YZR-M1 mengalami perkembangan yang signifikan selama tes resmi MotoGP di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. Perbaikan tersebut terutama terlihat pada hari terakhir, Kamis (8/2/2024), terutama dalam hal aspek teknis, khususnya di bidang aerodinamika.

Quartararo menyatakan bahwa mesin untuk motor tahun 2024 telah meningkat, demikian juga dengan aerodinamika, meskipun kontrol elektroniknya sedikit terhambat. Namun demikian, ia percaya bahwa tim akan terus mendekati performa yang optimal.

Sementara itu, Rins juga sedang mengatur ulang konfigurasi motor menjelang MotoGP 2024. Meskipun aerodinamikanya dinilai baik, Rins mengalami kesulitan dalam mengendalikan motor, terutama terkait angkat ban belakang.

Massimo Meregalli, Direktur Monster Energy Yamaha, menekankan bahwa kemajuan dalam bidang aerodinamika dan mesin merupakan fokus utama tim selama uji coba MotoGP 2024 di Sepang. Tim juga memperkenalkan perangkat start belakang baru pada motor sebagai bagian dari upaya peningkatan.

Meskipun ada beberapa kekurangan yang harus diatasi, tim merasa optimis bahwa mereka masih punya waktu selama pramusim untuk memperkecil kesenjangan. Meregalli juga menyoroti peningkatan kecepatan motor, terutama berkat bantuan aerodinamika saat berbelok dan penggunaan perangkat start baru untuk mengurangi wheelie dan meningkatkan akselerasi.