nhk

Yamaha NMax 150; Matik Dengan Roda 13 Inci, Di Indonesia?

 

ManiakMotor – Sudah muncul nih spesifikasi Yamaha NMAX 150. Disebutkan lingkar roda 13 inci. Berhubung NMAX sebagai global model, apakah lingkar 13 inci ini akan dipertahankan sampai dijual di Indonesia? Soal data ban silakan lihat di DATA SPESIFIKASI.

Nah itu pertanyaan dan nantinya akan terjawab saat diluncurkan resmi. Matik di dunia umumnya menggunakan lingkar roda 10 inci, 12 inci, termasuk yang 13 inci. Namun itu ditopang dengan tapak ban yang besar. Di sana, ya di Eropa dan Amerika, bahkan di negara Asia yang maju.

Kenapa? Jawaban tekniknya mudah diputar CVT. Jawaban lain karena di sana tak menganut polisi tidur. Berhubung polisi lagi masalah dengan KPK, jadinya mereka lagi pada bangun, hehe. Di Indonesia lingkar-lingkar yang disebut tadi jadi masalah, karena polisi lagi nyeyak. Bukan hanya itu, kondisi jalanan di negara kita maka muncul lingkar roda matik 14 inci. Jalan yang mulus di Indonesia adanya di jalan protokol. Cilakanya di Jakarta yang protokol malah dilarang. Waw…

Lingkar roda 13 inci pada NMAX 150 sudah diriset di Jepang sana dan lingkar itu yang paling nyaman mengalas kaki-kaki. Juga paling nyaman dalam manuver. Pas ditarik mesin 150 cc dari segi akselerasi sampai top speed. Itu telah dirangkum dalam teknologi Blue Core (BC). Ini motor ke-4 BC setelah New Mio M3 125 yang baru lalu diluncurkan Yamaha Indonesia. Juga setelah Nozza Grande di Vietnam dan Grand Filano di Thailand.

Puncak enak dari kenyamanan suspensi dan rangka sampai mesin pasnya dengan lingkar 13 inci. Sekalian sudah diukur dengan teknologi mesin yang katanya punya teknologi Variable Valve Actuation. Ini semacam klep yang selalu aktual dalam bergerak sesuai kondisi  putaran  saat dapat beban dan sebagainya.

Ya namanya juga aktual agar timing klepnya selalu tepat. Kompresi nggak ada yang ’rugi’. Saat proses masuk, ya masuk, proses buang ya buang. Kira-kira begit dan ada fakta tenaga dengan 155 cc bisa dapat 14,8 dk pada 8.000 rpm. Itu diperoleh pada putaran lebih rendah 5.000 rpm dari lawannya.  

 Seperti itulah mesin dan kesimpulannya menggunakan lingkar roda 13 inci. Diameter roda ini tentu sudah dikalkulasi dengan rem cakram sekalian ada ABS-nya. Kembali jadi pertanyaan apakah di Indonesia akan diganti 14 inci. Atau dibiarkan mengingat motor ini bagian dari harga premium dengan Rp 27 juta ke atas. Ya motor yang hanya jalan di aspal mulus.  MM

BACA JUGA

Yamaha NMax 150 (Matic), Powernya Lebih Besar 2 Dk Dari Vario 150, Katanya..!

Penampakan Nyata Yamaha Matik 150 cc Global Model

 

SFESIFIKASI

Dimensi

PxLxT : 1955mm x 740mm x 1115mm

Jarak sumbu roda : 1350mm

Jarak terendah ke tanah : 135mm

Tinggi tempat duduk : 755mm

Berat isi :  127 kg

Mesin

Tipe mesin : Liquid Cooled 4-stroke SOHC

Jumlah silinder : Single cylinder

Diameter x langkah : 58mm x 58,7mm

Perbandingan kompresi : 10,5 : 1

Daya maksimum : 11,1 kW (14,8 dk) / 8000 rpm

Torsi maksimum : 14,4 Nm / 6000 rpm

Sistem starter : Elektrik

Sistem pelumasan : Basah

Kapasitas oli mesin : 1 liter, berkala 0,9 liter

sistem bahan bakar : Fuel injection

Tipe kopling : Kering, Centrifugal automatic

Tipe transmisi : V-Belt automatic

Rangka

Tipe rangka : Underbone

Suspensi depan : Teleskopik

Suspensi belakang : Unit Swing

Ban depan : 110/70-13

Ban belakang : 130/70-13

Rem depan : Single disk brake (ABS)

Rem belakang : Single disk brake (ABS)

Kelistrikan

Sistem pengapian : TCI

Baterai : YTZ7V

Tipe busi : NGK / CPRBEA-9

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353