nhk

Yamaha NMax 150: Variable Valves Actuation (VVA) Digerakan Tiga Bubungan Kem Durasi Berlainan

 

ManiakMotor – Sebelum baca ini tulisan, silakan tengok tulisan sebelumnya  agar nyambung: Test Ride Yamaha NMax 150: Fokus Coba Variable Valves Actuation ( VVA ), Rata Tenaganya.  Tulisan kemarin portal ini berdoa agar dapat jawaban soal angka durasi kem  Yamaha NMax 150. Karena pada kem inlah maka terjadi angkatan klep yang berbeda, maka disebut VVA  atau Variable Valves Actuation (VVA).

Oh ternyata  oh ternyata langsung dapat jawabannya. Prediksinya tepat. Kedua kem masuk sangat jauh berbeda durasinya lewat angka-angka. Kedua kem punya porsi masing-masing untuk mengakltifkan rocker arm. “Low cam 232o, high cam 2680 dan kem buang 262o seperti itulah durasinya,” kata M Abidin, GM Service/Motorsport PT Yamaha Indonesia.

Mari dihitung kem masuk saja karena di sinilah letak kerja VVA. untuk low cam membuka 160 sebelum TMA atau titik mati atas dan tertutup pada 35o usai TMB atau titik mati bawah. Bila dijumlahkan 160 (membuka) + 350 (menutup) + 1800 (siklus) hasilnya tidak seperti diucapkan Abidim yakni 2310. Wah berarti salah satu angka. Lalu yang benar mana nih? “Wah salah ketik tuh. Yang benar 231o dong,” kata Abidin.

Sedangkan kem tinggi membuka pada 270  sebelum TMA dan menutup pada 610 setelah TMB. Totalnya bila dihitung cara di atas durasinya 268o. Nah ini tepat. Tapi kem ini akan bekerja bila lewat 6.000 rpm. Kem rendah setelah habis durasinya akan mengaktifkan selenoid yang dikontrol ECU mendorong rocker arm kedua ke posisi kem tinggi. Jadi klep bisa terangkat lebih jauh lagi. Di bawah 6.00o rpm rocker arm satunya mengikuti profil kem rendah. Ya dua-duanya bekerja seperti awal.

Yang lebih utama cara ini sudah disebut sebelumnya untuk mendapat tenaga sama rata. Tentu sangat  membantu buat feeling pengendara sejak rpm rendah sampai tinggi. Maksudnya narik gasnya nggak ragu-ragu bro, selalu dapat. Yakin gitu deh. Dengan satu kem hal itu mustahil terjadi. Kalau kuat di rpm bawah, tidak mungkin jagoan di rpm atas. Nafas NMax sudah ngisi sejak rpm paling bawah utuk menggerakan CVT. Lalu idealnya tenaga dari 3.500 rpm sampai 8000 rpm. Range yang lebar, karena ada dua kem masuk yang saling menunjang atau yang disebut VVAl itu. Amam  

BACA JUGA

Test Ride Yamaha NMax 150: Fokus Coba Variable Valves Actuation ( VVA ), Rata Tenaganya

Yamaha NMax 150 2015: Matic Golongan Mewah, Tenaga Yahud, Harga ‘Cuma’ Rp 27.4 Jeti

Yamaha N-Max 150; Meluncur 10 Februari 2015, Harga Di Bawah Rp 28 Jeti

Honda CBR250RR Dua Silinder, Pasti Diterima Pasar Hati-Hati Ninja Dan R25

BAGIKAN