nhk

Yamaha R-Cup Series Sentul 2015: 400 Starter, Komunittas R25 Membludak

 

ManiakMotor – Sekelas one make race (OMR) dengan 200 peserta sudah luar biasa. Sedang Yamaha Sunday Race with R-Cup –  selanjutnya disebut saja R-Cup Series saja – hanya mempertandingkan sport. Juga asal tahu saja, eventnya hanya berlangsung  di Sentul International Circuit atau Sentul besar.

Bila 200 peserta tersebut dikalikan dua yang selanjutnya disebut starter jumlahnya jadi 400 starter, bro. Ini pun saat tulisan diketik di Sentul Besar menunjukkan pukul 12.30 pada Sabtu 28 Maret, pendaftaran masih dibuka dan masih banyak yang mendaftar.

Supriyanto yang menjabat Manager Motorsport Yamaha Indonesia (YI) pun langsung keluarkan aturan dadakan. Katanya, komunitas diusahakan tak menyeberang pada kelas lain. Maksudnya. “Mereka cukup ikut satu kelas. Ya bila hanya ikut R25, itu saja yang diikuti. Ini anjuran saja. Beda dengan professional, karena mereka memang wajib ikut R15, R25 dan R6. Tapi dibatasi dua kelas,” jelas Supriyanto.

Race director yang bernama Eddy Saputra sedang bingung mengatur kelas. “Tuh peserta komunitas R25 membludak. Tadinya dibagi dua kelas A dan B dan masing-masing kelas jumlahnya 36, ternyata lebih dari itu. Lagi diusahakan mereka akan masuk ke grup C,” kata Saputra yang kelihatannya sangat mondar-mandir di Sentul.

Bambang Asmara Budi yang mantan petinggi marketing YI dan mengawal tim IndoProm punya mendapat eforia balap sport di Sentul. Katanya, itulah kelebihan Yamaha yang DNA-nya memang racing, cocok untuk komunitas atau hobi. “Mereka ini yang tidak tanggung-tanggung mengeluarkan dana demi hobi. Kan dari hobi muncul bibit,” kata Bambang yang difoto bersama joki andalan mereka, Imanuel Pratna.

Sekarang kita dengar pendapat pembalapnya. Dia dipilih bicara karena peringkatnya di profesional nggak tinggi-tinggi amat. Saat latihan pagi pada Sabtu dia hanya ke-13. Namanya Alshad Ahmad yang usianya 20 tahun dari Bandung, Jabar yang memperkuat DS Moto. “Ini pengalaman pertama buat saya naik R25. Kalau R6 juga baru tahun ini,” tutur Alshad.

Silakan bertanding. Prat, Dun, Mam

BACA JUGA

Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015 Sentul: Adu Pintar Mekanik Bermain Elektronik!

Yamaha Gelar Perdana Sunday Race R Cup Series 2015, Race Party R-Series

Jelang Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015; Pesta Marketing, Komunitas dan Gengsi Profesional

Regulasi Yamaha Sunday Race R-Cup Series 2015

 

BAGIKAN