nhk

Yamaha R1 2016; Telanjang Supaya Ikut Tren Terkini

 

ManiakMotor – Yamaha YZF R1 pun di telanjangi. Jadinya bergabung dengan keluaga besar Yamaha MT. Berarti perkawinan antara generasi MT dan FZ. Pokoknya tidak seperti R1 yang full fairing yang kamu tahu selama ini.

 

Superbike telanjang ini katanya diseting ulang soal crossplane-nya pada mesin  998cc inline empat silinder. Crossplane itu soal kruk-as yang menggerakan piston 900 yang memang jadi andalan Yamaha pada mesin 4 silinder. Artinya keempat piston berdekatan cara kerjanya. Tapi sayang horse power masih dirahasiakan.

Material baja pada mesinnya dan canggih mendukung bore dan stroke 79 mm x 50.9mm setiap silinder. Kompresinya disetel 12.0:1. Kuat dan agresif dengan hasil dynojet 167.4 hp dengan kekuatan roda belakang 150 hp.

Diklaim tarikannya lebih ringan dari pesaingnya BMW S1000R dan Aprilia Tuono V4. Slipper clutchpada penerus daya membantu tarikan ringan saat akselerasi. Juga halus saat downshiftsalias turun gigi dalam deselerasi. Segala manuver lengkap dengan cruise control pada naked bike R1 ini.

Mesinnya pasti asli dari YZF -R1 dilengkapi sasis alumunium cor tipe berlian. Wheelbase di angka 55,1 inci, namun hasil geometri belum ada info. Soal sektor pengereman pasti  mengadopsi dari R1 yaitu rem ABS dengan kaliper radial-mount empat piston. Lengkap sudah varian keluarga besar MT, eh R1, ah terserah disebut apa deh. Penulis juga bingung, biasa nulis bebek. MM

BACA JUGA

Di Luar Sana Kymco Pipe K125 Mampu Melawan Sport 125 cc Honda Dan Kawasaki

Peluncuran Ducati DraXter 2016: Ini Baru Sangar, Gaya Drag Racing

Yamaha Xabre 150; Diluncurkan Rossi Di Bali, Supensi Up Side Down (Sejarah), MT15 Juga Bro

Yamaha XSR900 2016 Dirilis, Retro Terkini, Jago Turing

Zero 2016 Terus Coba Setrum Konsumen Dengan Motor Listriknya

 

 

 

BAGIKAN