nhk

Yamaha R25 (250 cc); Kejutan Dua Silinder Sportbike Idaman

ManiakMotorm – Sportbike idaman. Begitu kesan pertama munculnya Yamaha R25 di Tokyo Motor Show. Nongol sesuai harapan untuk bersanding dengan Kawasaki Ninja 250 yang saat ini bermain sendiri di kelasnya 250 cc yang dua silinder. Kolo diukur dengan Honda CB250R, kurang apdol karena CBR hanya 1 silinder, tapi itu kembali pada sampeyan untuk versuskan dengan CBR250.

Disebut idaman, lantaran para pemilik Yamaha Old Vixion dan New Vixion rame-rame mengembungkan bodinya lewat modifikasi full fairing. Tapi dengan Yamaha R25, hal itu tak perlu dilakukan lantaran tinggal beli jadi. Ada bonusnya dengan mesin dua silinder yang jaminan ruang mesin diisi otot metal. Ruang yang di arena modifikasi dikejar untuk dipadatkan sampai bikin botak para buildernya.

Postur kaki-kaki tidak akan jauh dari Ninja 250, ya kan satu kelas. Sudah pasti monosok. Pelek dan ban, yaaah dekat-dekat dengan ukuran Ninja 250 yang lumayan gambot-gambot, Ninja pakai ban depan 110/70-17 dan belakang 130/70-17 dari pabriknya. Tapi ingat, R25 yang banyak di foto beredar banyak dicaplok dari motor yang dicoba Valentino Rossi di sirkuit. Makanya karet item-nya menggunakan slick dan yang dipajang di Tokyo Motor Shos semi slick.    

 Dijamin juga tenaga tidak akan timpang. Pembedanya adalah karakter yang nanti ditentukan speksifikasi mesin. ‘Rasa’ narik-nariknya tetap sportbike atau kata Rossi street motorcylce. Memainkan diameter silinder lebih besar dari stroke. Termasuk penentu selanjutnya kelengkapan teknologi mesin bawaan standar Yamaha R25 yang sebelumnya ribut-ribut dengan Yamaha YZF R250 ini.

Jangan terkecoh dengan kenalpot Akrapovic sebagai standar untuk dijual nanti. Sekali lagi, foto yang  beredar kebanyakan dikopi dari bekas Yamaha R25 yang dicoba Rossi dalam video. Kenalpot tersebut untuk menyesuaikan tenaga karena dicoba dikebut Rossi di sirkuit. Yang dicari adalah reaksi tenaganya pas dengan selongsong gas. Toh, itu contoh, bahwa kenalpot standar nanti, bolehlah diganti Akrapovic agar sama dengan yang dicoba Rossi. Mantap, coy.

Idaman selanjutnya adalah bodi. Harmonisasinya luar biasa serasi. Sampai sepakbor depan, tudung lampu, fairing dan tangki bahan bakar melengkung yang atu potogan (patron) mirip motor tiarap. Ini akan sama melengkung atau satu kesatuan dengan pengendaranya kalau ikutan tiarap saat ngebuti. Pintar memang pedesainnya. Sementara coraknya masih Yamaha dengan biru, putih dan hitam, macam Yamaha M1. Maklum bekas dipromosikan Rossi.

Kalau rangka sih, dari foto gabungan deltabox dan tubular. Nah rangka ini yang belum jelas, eh sudah jelas kok. Rangka anyaman pipa, ya memang bulat-bulat bukan kotak atau deltabox seperti tulisan sebelumnya. Yang pasti lengan ayunnya yang manis masih mirip M1 bangat  dan masih serpihan dari R Series. Ito   

BACA JUGA

Modifikasi Yamaha R25 Di Mata Builder, Upside Down Dan Lengan Ayun R6

Yamaha R25; Mesin DOHC, Busi Di Tengah, Terobosan Yamaha Indonesia

Harga Yamaha R25; Di Antara Kawasaki New Ninja Dan Honda CBR250?????

Yamaha R25 (250cc); Pajang Dulu Secepatnya Di Tokyo Motor Show

Motor Baru 2014; Yamaha R25 (R250); 2 Silinder Digeber Rossi, Sudah Ada Tuh!

Motor Baru 2014; Terobosan Teknologi Fungsional

Motor Baru Yamaha 2014; 22 November 2013 Diluncurkan

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353